KPI Cabang Tuban Gelar Pendidikan Pemilih Bagi Perempuan

Reporter: Dahrul Mustaqim

blokTuban.com - Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) Cabang Tuban bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban mengadakan kegiatan Pendidikan pemilih.

Dengan mengusung tema “Partisipasi dan peran perempuan dalam mengawal pilkada tahun 2024”, Kegiatan ini dilaksanakan pada Minggu (15/09/2024) bertempat di kantor Kecamatan/Kabupaten Tuban.

Pendidikan pemilih sangat penting dalam demokrasi. Pendidikan pemilih diperuntukkan agar pemilih memiliki kesadaran, pemahaman perihal penggunaan hak pilih dalam pemilu.

Kegiatan ini diisi langsung oleh ketua KPU Tuban, Zakiyatul Munawaroh beserta Pengurus KPI Jatim. Acara pendidikan pemilih ini melibatkan dari unsur Pengurus KPI dari balai perempuan yang ada di kabupaten Tuban.

Dari balai sendiri terdapat perwakilan dari unsur Dewan Kelompok Kepentingan (DKK) Ibu Rumah Tangga (IRT), DKK Informal, DKK Pemuda pelajar dan mahasiswa, DKK perempuan miskin desa serta DKK Profesional dan DKK petani.

“Kesadaran perempuan tentang pentingnya berpartisipasi dalam pilkada yang akan digelar 27 November 2024 mendatang," kata Zakiyatul Munawaroh

Harapannya dengan kegiatan ini maka bisa meningkatkan peran perempuan dalam menentukan hak pilihnya. Maupun dalam berpartisipasi pada suksesnya pilkada yang ada di Kabupaten Tuban serta bisa mengurangi angka Golput yang ada di Kabupaten Tuban.

"Seluruh pihak diharapkan untuk bersama-sama menyukseskan pesta demokrasi yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia," terang Khilyatun Nafisah, Sekretaris KPI Cabang Tuban.[Rul/Rof]