Gempa Magnitudo 3,6 Guncang Timur Laut Tuban

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Pada Rabu, 11 September 2024, dua gempa bumi dilaporkan terjadi di wilayah Indonesia, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Gempa pertama terjadi pada pukul 02:38:53 WIB dengan magnitudo 3,6. Lokasi pusat gempa berada di koordinat 5,80 derajat Lintang Selatan dan 112,35 derajat Bujur Timur, sekitar 126 kilometer timur laut Tuban, Jawa Timur. 

Gempa ini memiliki kedalaman 10 kilometer. Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai dampak kerusakan atau korban akibat gempa tersebut.

Tidak lama setelahnya, gempa kedua dengan magnitudo 2,6 terjadi pada pukul 02:55:37 WIB.

Pusat gempa berada di koordinat 0,10 derajat Lintang Selatan dan 123,39 derajat Bujur Timur, sekitar 76 kilometer tenggara Bonebolango, Gorontalo. 

Gempa ini memiliki kedalaman yang lebih besar, yaitu 122 kilometer. Seperti halnya gempa pertama, belum ada laporan mengenai dampak yang ditimbulkan.

BMKG menyampaikan bahwa informasi ini mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan dapat berubah seiring dengan kelengkapan data. 

Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan selalu mengikuti informasi resmi dari BMKG terkait perkembangan lebih lanjut mengenai gempa bumi ini. [Ali/Rof]