Atlet Panjat Tebing Tuban Sumbang Emas, Jawa Timur Puncaki Klasemen PON XXI

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Jawa Timur berhasil memimpin klasemen sementara perolehan medali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 dengan mengumpulkan 14 emas, 9 perak, dan 11 perunggu, Senin (9/9/2024). 

Salah satu medali emas disumbangkan oleh atlet panjat tebing dari Tuban, Eka Dian, bersama Tim Panjat Tebing Jatim yang tampil impresif di nomor speed WR relay.

Pertandingan yang diadakan di venue panjat tebing, Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, pada Minggu (08/09), menjadi momen kemenangan bagi Eka Dian bersama dua rekannya Nindy Febriyanti dan Amanda Narda Mutia, yang berhasil menyumbangkan emas untuk Jawa Timur.

Berdasarkan data yang diperoleh, dengan tambahan medali emas ini, Jawa Timur semakin memperkuat posisi puncaknya di klasemen medali PON XXI, menunjukkan dominasinya di ajang olahraga terbesar di Indonesia. 

Semangat dan dukungan terus diberikan kepada para atlet Jawa Timur agar dapat mempertahankan posisi teratas hingga akhir kompetisi.

Diketahui ada 17 atlet dari Tuban yang berlaga di PON 2024, termasuk Eka Dian dari cabang olahraga panjat tebing, Nabila dari cabang atletik, Teuku Tegar dari cabang atletik, Candra Marimar dari cabang gulat, Mutoharoh dari cabang gulat, Puji Prasetyo dari cabang gulat, Rudi Susanto dari cabang biliar, Angga dari cabang sepak takraw putra, dan Salsa dari cabang sepak takraw putri.

Yusita Ika Putri dari cabang angkat berat dan Suliswanto dari cabang judo, serta satu tim barongsai Tuban yang beranggotakan enam orang, dipimpin oleh Arya Okta Saputra, Asep Hadi Suprapto, Dimas Hari Sasongko, Yoga Wahyu Nugroho, Novi Mabrurry, dan Muhammad Junaidi.

"Alhamdulillah, emas pertama yang diraih Eka Dian bersama tim ini menjadi kebanggaan, bukan hanya untuk Tuban, tetapi juga untuk Jawa Timur. Ini merupakan bukti dari kerja keras dan dedikasi luar biasa dari para atlet kita," ujar Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Tuban, Mohammad Emawan Putra. [Ali/Rof]