Dugaan Penyerobotan Tanah Picu Aksi Ekstrem, Nenek di Tuban Berlari Tanpa Busana

Reporter : Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Saripah, seorang wanita berusia 77 tahun dari Desa Tobo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, membuat heboh dengan melepas seluruh pakaiannya dan berlari sambil berteriak meminta bantuan dari Presiden RI Joko Widodo di halaman Kantor Pengadilan Negeri Tuban pada Senin (09/09/2024) siang. 

Aksinya yang viral ini sempat terekam kamera pengunjung.

Dalam video yang beredar, Saripah terlihat keluar dari ruang mediasi tanpa busana dan berlari-lari sambil berteriak meminta pertolongan. 

Ia tengah menghadapi gugatan dari Afton Afianto, seorang warga Kabupaten Tulungagung, terkait kasus dugaan penyerobotan tanah seluas dua hektar di desanya.

Tanah tersebut adalah warisan orang tuanya yang telah digarapnya selama puluhan tahun.

Beruntung, tindakan Saripah segera diredam oleh cucu dan menantunya yang membantunya mengenakan pakaian. 

Kepada wartawan, pada Kamis (12/09/2024), Saripah mengungkapkan bahwa ia merasa takut dan bingung menghadapi sengketa tanah tersebut, sehingga melakukan aksi tersebut untuk meminta bantuan Presiden.

Sidang pertama kasus tersebut sedang berlangsung di Pengadilan Negeri Tuban, namun mediasi terhenti akibat insiden tersebut. 

Juru Bicara Pengadilan Negeri Tuban, Rizki Yanuar, menjelaskan bahwa kejadian ini disebabkan oleh kondisi psikologis tergugat yang panik dan awam dengan proses hukum. 

Pengadilan akan melihat perkembangan kasus ini dan berharap adanya titik temu agar perkara tidak perlu dilanjutkan. 

Hingga berita ini ditulis, pihak penggugat belum memberikan komentar mengenai kasus ini. [Rof/Ali]