Tim SAR Gabungan Lakukan Pencarian Juru Arus Hilang di Laut Tuban

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Tim SAR gabungan tengah melakukan operasi pencarian seorang juru arus yang dilaporkan hilang di tengah laut, tepatnya di Desa Bulubanjarjo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban. Kejadian ini terjadi pada hari Jumat, 6 September 2024.

Data yang dihimpun dari medsos BPBD Tuban,bmenyebutkan kejadian berawal saat Anam, menantu pemilik kapal, melaporkan bahwa salah satu kru kapal, yang bertugas sebagai juru arus (orang yang berada di dalam tengah-tengah jaring/pukat dengan membawa ban dalam), tiba-tiba hilang saat melakukan kegiatan menjaring ikan di tengah laut. 

"Mengetahui hilangnya juru arus, para Anak Buah Kapal (ABK) beserta kapal lainnya langsung melakukan upaya pencarian korban," katanya. 

Salah satu ABK kemudian menumpang kapal tetangga untuk kembali ke darat dengan tujuan melaporkan kejadian tersebut. 

Lokasi kejadian berada pada jarak ± 14,54 NM atau sekitar 26,92 KM dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Bulu. 

Saat ini, pihak syahbandar dan Polair sudah berada di TPI Bulu untuk membantu proses pencarian.

Korban hilang diidentifikasi bernama Jalil, warga Desa Bulubanjarjo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban. 

Berdasarkan informasi yang diterima, titik koordinat hilangnya korban berada di 6°33'40.0″S 111°50'50.0″E atau -6.561111, 111.847222.

Upaya pencarian korban terus dilakukan oleh tim SAR gabungan dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk syahbandar, Polair, dan warga setempat. 

Hingga berita ini diturunkan, pencarian masih berlangsung dengan harapan korban dapat segera ditemukan. 

Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati saat melakukan aktivitas di laut, serta melaporkan segera ke pihak berwenang jika menemukan tanda-tanda keberadaan korban.

[Ali/Rof]