Lalu Lintas Jalur Pantura Berhenti Satu Menit Saat Upacara HUT RI di Socorejo Tuban

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Upacara peringatan HUT ke-79 RI di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, berlangsung penuh khidmat, Sabtu (17/8/2024). 

Bertempat di tengah jalan raya depan Balai Desa Socorejo, kegiatan ini sempat membuat arus lalu lintas dari arah Surabaya-Semarang berhenti sejenak untuk menghormati prosesi upacara.

Selama kurang lebih satu menit, kendaraan-kendaraan yang melintas berhenti untuk memberikan penghormatan kepada Sang Saka Merah Putih. 

Setelah upacara selesai, arus lalu lintas kembali normal tanpa hambatan. Sorak semangat “Merdeka!” bergema dari para peserta dan warga yang hadir, menambah suasana kebersamaan dalam peringatan kemerdekaan.

Ketua Panitia Hari Besar Nasional (PHBN) Desa Socorejo, Siti Aisyah, menjelaskan bahwa sebelum pelaksanaan upacara, sebanyak 50 anggota Karang Taruna dan panitia PHBN mengadakan pawai/konvoi keliling desa. 

Tujuan dari konvoi adalah mengajak seluruh lapisan masyarakat ikut meramaikan HUT ke-79 RI. Bahwa sekali merdeka tetap merdeka. 

Rute pawai meliputi Dusun Karangdowo dan Boro Soco, yang kemudian diakhiri dengan penghormatan kepada Bendera Merah Putih di depan Balai Desa.

Sedangkan Z. Arief Rachman Hakim, S.HI, Kepala Desa Socorejo memberikan apresiasi yang tinggi kepada Karang Taruna dan panitia PHBN Socorejo atas ide kreatif yang mereka wujudkan. 

Menurutnya, melalui peran aktif pemuda, kemerdekaan desa dapat dirasakan sepenuhnya. 

“Dengan semangat dan dukungan pemuda, pembangunan desa akan lebih maju,” ujar Kang Arif. 

Kegiatan ini menjadi salah satu simbol kekompakan warga Socorejo dalam memperingati hari kemerdekaan serta mengingatkan pentingnya kontribusi generasi muda dalam pembangunan desa. [Ali/Rof]