Mahasiswa PPG BK dan Guru BK SMPN 1 Wagir Bersinergi, Bekali Siswa Kelas IX Keterampilan untuk Masa Depan

Reporter: Dahrul Mustaqim

blokTuban.com - Kolaborasi antara mahasiswa PPG BK dan guru BK SMP Negeri 1 Wagir berhasil menciptakan kegiatan yang bermanfaat bagi siswa kelas IX. Melalui proyek kepemimpinan bertema “Kunci Sukses Melalui Ular Tangga Super”, peserta didik diajak untuk menggali potensi diri guna mempersiapkan apa yang dibutuhkan di sekolah lanjutan baik SMA, SMK ataupun MA, Kamis (15/08/2024).

Kegiatan ini tidak hanya sekadar permainan, tetapi juga menjadi wadah bagi peserta didik untuk berinteraksi dan berbagi pengalaman dengan teman sebaya serta guru BK. Harapannya, kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi peserta didik untuk terus belajar dan mengembangkan diri agar meraih kesuksesan di masa depan.

Proyek Kepemimpinan ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Wagir dan adapun beberapa kegiatan yang dilaksanakan selama Proyek Kepemimpinan ini berlangsung dengan dukungan dari Kepala Sekolah Bapak Drs. Budi Prasetyo, serta Guru BK yang ada di SMP Negeri 1 wagir, kegiatan Proyek Kepemimpinan ini berjalan dengan lancar.

Dalam rangka mempersiapkan peserta didik kelas IX mempersiapkan sekolah lanjutan, mahasiswa PPG BK kelompok 1 berkolaborasi guru BK SMP Negeri 1 Wagir menggelar kegiatan inspiratif. Melalui kegiatan bertajuk "Kunci Sukses Melalui Tangga Karir", siswa diajak untuk memahami peta jalan menuju kesuksesan, mulai dari perbedaan SMA, SMK dan MA.

Kegiatan ini menyajikan informasi yang komprehensif mengenai perbedaan kurikulum, prospek kerja, dan jalur pendidikan yang ditawarkan oleh SMA, SMK, dan MA. Dengan demikian, peserta didik dapat membuat keputusan yang tepat dalam memilih jenjang pendidikan selanjutnya.

"Banyak pembelajaran yang diterima peserta didik terkait media ular tangga karier ini, dan kami berharap untuk bisa diterapkan dikemudian hari guna untuk mempersiapkan karier kedepannya." Ungkap salah satu Guru SMPN 1 Wagir, ibu Puji.

 “Saya berharap kegiatan seminar seperti ini bisa rutin diadakan agar kami dapat terus belajar serta mengetahui bakat minat peserta didik,” Imbuh Ibu Endang, Koordinator Guru BK.

MK Proyek Kepemimpinan bertujuan untuk mengembangkan dan mengasah kemampuan serta kepekaan mahasiswa dalam melihat dan menyelesaikan permasalahan yang ada di lingkungan sekolah secara luas. Sehingga diharapkan nantinya setelah mereka menjadi guru yang profesional, mereka tidak hanya mampu memberikan perubahan di lingkungan sekolah tetapi juga di lingkungan masyarakat di luar sekolah.

MK Proyek Kepemimpinan (PK) yang dilakukan tentunya telah melalui proses observasi dan perancangan kegiatan, sehingga kegiatan yang dilakukan benar-benar berdampak bagi sekolah mitra.[Rul/Fiq]