KKN UAI Tuban 2024: Membangun Desa Melalui Pengabdian Mahasiswa di Bojonegoro

Reporter: Dahrul Mustaqim
blokTuban.com - Universitas Al-Hikmah Indonesia (UAI) secara resmi membuka Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2024 di Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur Yng bertempat di desa Kandangan dan Trucuk bagi kelompok Laki-laki dan yang perempuan bertempat di Merak Urak, Plumpang dan Grabagan, Senin (05/08/2024).

Kegiatan yang menyongsong tema "KKN di Desa: Memahami Semesta Menuju Warga Desa yang Digdaya" ini akan berlangsung selama satu bulan, mulai 5 Agustus hingga 5 September 2024.

Acara pembukaan diawali dengan sambutan dari Wakil Rektor III Universitas Al-Hikmah Indonesia, Hj Fathonah K. Daud Lc., M.Phil yang menyampaikan pentingnya KKN dalam membentuk mahasiswa menjadi insan yang bermanfaat bagi masyarakat.

"KKN ini bukan sekadar program akademik, tapi juga sebagai wahana pengabdian mahasiswa untuk membangun desa," ujarnya.

Baca juga: Sosialisasi oleh Mahasiswa KKN IAINU Tuban: Pendidikan sebagai Kunci Cegah Pernikahan Dini

Rektor UAI Tuban mengharapkan agar para mahasiswa yang sedang KKN untuk bisa aktif di dalam bermasyarakat dengan tetap mengamalkan ilmunya yang sudah didapatkan selama proses kuliah.

"Kami berharap mahasiswa dapat belajar dan menerapkan ilmu pengetahuan yang telah mereka peroleh di bangku kuliah untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi masyarakat desa."

Sementara sekretaris desa menyampaikan apresiasi kepada UAI yang telah memilih Kecamatan Trucuk sebagai lokasi KKN. Ia berharap program KKN ini dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat desa, khususnya dalam meningkatkan kualitas hidup dan pembangunan desa.

"Kami sangat menyambut baik kehadiran mahasiswa UAI di Kecamatan Trucuk," katanya.

Sekretaris desa juga menitip pesan agar para mahasiswa bisa saling bekerjasama untuk menjalankan semua program yang sudah dicanangkan, tentu katanya hal itu hanya dapat dilakukan apabila mahasiswa memiliki hubungan baik dengan segenap masyarakat.

“Harapannya mahasiswa dapat bekerja sama dengan baik dengan masyarakat desa dan menghasilkan program-program yang bermanfaat untuk kemajuan desa," tutupnya.

Pembukaan KKN dihadiri oleh Wakil Rektor III UAI, Ibu. Fathonah, K. Daud LC.M.Phil, serta jajaran pejabat setempat, termasuk Camat Trucuk Drs. Sa’ad Mujadid M.Ap. dan segenap perangkatnya.