Jatim Media Summit 2024 Dorong Kemandirian Bisnis Media

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, membuka secara resmi acara Jatim Media Summit 2024 yang diselenggarakan di Whiz Luxe Hotel, Surabaya, pada Kamis (25/7/2024). 

Dalam sambutannya, Adhy menyatakan dukungan penuh terhadap acara ini dan menekankan pentingnya agar acara serupa diadakan setiap tahunnya.

Dalam pidatonya, Adhy Karyono menyoroti pentingnya acara Jatim Media Summit dalam mendorong kemandirian bisnis media. 

"Acara seperti ini harus didukung dan rutin digelar setiap tahun. Yang menarik pada acara ini adalah mengusung kemandirian bisnis media," ujarnya.

Adhy juga menyinggung tantangan berat yang dihadapi oleh media ke depannya, terutama dengan kehadiran media sosial. 

Meski demikian, ia menekankan bahwa media arus utama memiliki keunggulan tersendiri, yaitu jurnalisme yang berpegang pada kode etik dan tata kelola yang jelas. 

"Saya sangat bangga bisa hadir dalam acara Jatim Media Summit 2024. Harus terus disupport oleh pemerintah Provinsi Jawa Timur. Bersama-sama mendukung penguatan media arus utama," tegasnya.

Acara ini dihadiri oleh berbagai perwakilan media di Jawa Timur, serta humas dari perusahaan, perguruan tinggi, dan pemerintahan di Jawa Timur. 

Jatim Media Summit 2024 juga menghadirkan sejumlah ahli media dan bisnis sebagai pembicara, di antaranya Danny Yong (Media Business Advisor IMS), Ignatius Haryanto (Dosen UI & UMN), Rini Yustiningsih (COO Solopos Media Group), Esther Irawati Setiawan (Doktor AI Institut STTS), Eva Danayanti (IMS Indonesia Programme Manager), Kiki Priskilla (Senior Manager Publisher Growth AnyMind), serta Dimas Sagita (Head of Social Media Arkadia Digital Media).

Sehari sebelum acara puncak, Jatim Media Summit 2024 bekerja sama dengan Suara.com dan International Media Support (IMS) dengan dukungan Uni Eropa, menyelenggarakan workshop satu hari penuh untuk perwakilan 10 media lokal terpilih di Jawa Timur dan sekitarnya. 

Workshop bertema Business Model Canvas (BMC) untuk Pengelola Media ini dipandu oleh Danny Yong sebagai Media Business Advisor IMS.

Acara Jatim Media Summit 2024 diharapkan dapat menjadi platform penting bagi pengembangan dan penguatan bisnis media di Jawa Timur, serta mendukung keberlanjutan media arus utama di tengah perkembangan teknologi dan media sosial yang semakin pesat. [Ali/Rof]