Sepi Peminat, Desk Pilkada DPC PKB Tuban Kosong Tanpa Pendaftar

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com — Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Tuban resmi membuka penjaringan Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. 

Penjaringan ini dilakukan melalui Desk Pilkada DPC PKB Tuban dan berlangsung selama satu bulan.

Namun, hingga batas waktu penjaringan berakhir, tidak ada satu pun calon yang mendaftarkan diri. 

Kondisi ini membuat DPC PKB Tuban harus menyerahkan keputusan terakhir terkait Pilkada Tuban kepada Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB.

Keputusan mengenai calon yang akan diusung serta arah koalisi untuk Pilkada Tuban sepenuhnya diserahkan kepada DPP PKB. 

Ketua DPC PKB Tuban, Miyadi, menyampaikan hal tersebut setelah menyadari bahwa tidak ada kader maupun non kader yang mendaftar melalui Desk Pilkada.

"Saya sebagai Ketua DPC PKB sudah menyampaikan kepada Ketua Desk Pilkada DPP bahwa Pilkada Tuban kami serahkan sepenuhnya kepada DPP untuk mengambil keputusan," ungkap Miyadi kepada media. 

Miyadi menjelaskan bahwa dengan tidak adanya Cabup-Cawabup yang mendaftar melalui Desk Pilkada, PKB Tuban saat ini tidak memiliki calon yang berasal dari DPC PKB Tuban.

Pada Pemilu 2024 lalu, PKB berhasil memperoleh 11 kursi di DPRD Tuban. Dengan jumlah kursi tersebut, DPC PKB Tuban sebenarnya memiliki kemampuan untuk mengusung pasangan Cabup-Cawabup tanpa perlu berkoalisi dengan partai lain. 

Namun, situasi penjaringan yang kosong membuat keputusan sepenuhnya berada di tangan DPP PKB. [Dwi/Ali]