Tanjung Perak Selenggarakan Forum Kehumasan Bersama Media

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Dalam upaya meningkatkan koordinasi, konsolidasi, harmonisasi, dan sinergi antara Humas dan Pers Media untuk memenuhi tuntutan publik akan informasi yang cepat, tepat, valid, dan positif di sektor transportasi laut, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak menyelenggarakan Forum Kehumasan. 

Acara ini mengusung tema "Peningkatan Sinergitas Humas, Pers dan Media" dan berlangsung pada Kamis, 18 Juli 2024 di Hotel Ijen Suite Resort & Convention Malang.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak, Agustinus Maun, menjelaskan bahwa kegiatan ini diikuti oleh humas dan media dari Lingkungan Unit Pelaksana Teknis Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Wilayah Koordinasi Jawa Timur. 

Acara ini juga menghadirkan Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang SDM dan Kehumasan, Adita Irawati, serta Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya, Prof. Anang Sujoko, sebagai narasumber. Pihak Imigrasi juga turut hadir sebagai tamu undangan.

Dalam paparannya, Adita Irawati menegaskan pentingnya humas Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) untuk memahami kebutuhan pers/media. 

"Jangan biarkan pers mencari info sendiri. Namun, tugas humas harus bisa menjalin komunikasi ke internal dan eksternal KSOP. Citra KSOP ada di pundak teman-teman humas," ujarnya.

Lebih lanjut, Adita menekankan bahwa jajaran KSOP harus mulai terbuka kepada pers, namun tetap mengetahui batasan bahwa tidak semua informasi di KSOP harus disampaikan ke publik.

Sementara itu, Prof. Anang Sujoko menambahkan bahwa tugas pers dan media tidak sekadar menulis berita, tetapi juga memberikan informasi yang berkualitas, pendidikan yang berkelanjutan, kontrol sosial, dan hiburan yang sehat. 

"Pengelolaan media yang profesional dan sehat harus menjaga marwah pilar keempat demokrasi tanpa melepas rasa empati," tuturnya. 

Prof. Anang juga menekankan pentingnya kreatifitas, inovasi, dan adopsi teknologi komunikasi terkini dalam pengelolaan media. [Ali/Dwi]