Galeri Seni dan Potong Rambut Difabel Tuban Terwujud di HBA

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com – Kejaksaan Negeri Tuban memperingati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-64 dan Hari Ulang Tahun XXIV Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Tahun 2024 dengan menggelar serangkaian acara, termasuk bakti sosial dan anjangsana. 

Salah satu kegiatan utama adalah peresmian rumah toko (ruko) untuk seorang difabel di Desa Sendang, Kecamatan Senori, Tuban.

"Dengan penuh rasa terima kasih, saya mengucapkan apresiasi kepada Pak Kajari, Pak Kepala Desa, semua yang hadir di sini, atas pembangunan galeri dan tempat pangkas rambut ini. Semoga fasilitas ini akan bermanfaat dan berguna bagi saya ke depannya, membantu saya dalam mendukung keluarga saya. Saya sangat bahagia dan bersyukur karena apa yang awalnya menjadi halangan kini telah menjadi kenyataan. Alhamdulillah. Sekali lagi, terima kasih yang sebesar-besarnya untuk Pak Kajari atas segala bantuannya." ucap Solikin. 

Kepala Kejaksaan Negeri Tuban, Armen Wijaya, S.H., M.H., menyatakan bahwa acara ini mencakup peresmian galeri seni dan jasa potong rambut yang dikelola oleh Akhmad Solikhin, seorang difabel. Pembangunan tempat usaha ini telah selesai dan siap digunakan.

Dalam sambutannya, Armen Wijaya menegaskan bahwa peran kejaksaan tidak hanya terbatas pada penegakan hukum, tetapi juga meliputi kepedulian sosial. 

Ia berharap galeri ini bisa menjadi tempat kolaborasi bagi difabel lain yang memiliki bakat dan keahlian, sehingga dapat membentuk komunitas difabel yang produktif.

“Bisa direkrut nanti teman-teman yang mempunyai bakat dan keahlian masing-masing, sehingga nanti galeri itu bisa menjadi komunitas difabel,” ujar Armen Wijaya.

Lebih lanjut, Armen berharap galeri tersebut dapat dimanfaatkan dengan optimal dan terus berkembang. Kejaksaan Negeri Tuban berkomitmen untuk memantau perkembangan galeri ini meskipun mereka mungkin tidak lagi bertugas di Tuban di masa depan. 

Selain itu, Armen juga mengucapkan terima kasih kepada tokoh masyarakat, tokoh agama, dan Pemerintah Desa Sendang yang telah memberikan lahan untuk pembangunan tempat usaha ini. 

Ia mengapresiasi dukungan mereka dalam memperingati HBA ke-64 dan berharap tempat usaha ini dapat memberi manfaat yang berkelanjutan.

“Mudah-mudahan dengan adanya tempat usaha yang kami buat atas nama pimpinan dan jajaran Kejaksaan Republik Indonesia khususnya di Kabupaten Tuban, mudah-mudahan bisa memberi manfaat,” tutupnya.