Kebakaran di SDN Sidonganti 2 Tuban, Kerugian Mencapai 100 Juta Rupiah

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com – Sebuah kebakaran terjadi di dusun Suco, RT 14 RW 4, Desa Sidonganti, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban pada hari Jumat, 12 Juli 2024. Kebakaran tersebut melanda dua ruangan kelas di SDN Sidonganti 2.

Kejadian ini pertama kali dilaporkan oleh Kaci, Kepala Sekolah SDN Sidonganti 2, pada pukul 11.02 WIB. Tim pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian pada pukul 11.19 WIB dengan menggunakan dua unit mobil pemadam kebakaran, yaitu satu unit dari Mako Damkar Tuban dan satu unit dari SIG.

Kabid Damkar, Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Tuban, Sutaji mengatakan api berhasil dipadamkan pada pukul 12.00 WIB, dilanjutkan dengan proses pembasahan hingga pukul 12.30 WIB. 

"Luas bangunan yang terbakar belum diketahui secara pasti, namun dua ruangan kelas yang masing-masing berukuran 7x8 meter hangus terbakar," ujar Sutaji ketika diwawancarai blokTuban.com.

Penyebab kebakaran diduga akibat korsleting listrik. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Namun, kerugian material diperkirakan mencapai sekitar 100 juta rupiah. 

Kerugian ini meliputi bangunan sekolah, meja dan kursi sebanyak 56 unit, lemari 4 unit, kipas angin 2 unit, serta alat peraga belajar di dua kelas. 

"Meskipun demikian, aset-aset senilai sekitar 250 juta rupiah berhasil diselamatkan," imbuh mantan Camat Bancar. 

Tim Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Tuban menghimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap potensi bahaya kebakaran dan memastikan instalasi listrik di lingkungan sekitar aman dan terjaga dengan baik.

[Ali/Rof]