GP Ansor Jatim Gelar Roadshow Pasar Modal Syariah di Tuban

Reporter: Dahrul Mustaqim

blokTuban.com - Setelah Mojokerto dan Jombang yang menjadi tempat pelaksanaan Roadshow Literasi Keuangan dan Pasar Modal Syariah 2024, Tuban kini menjadi kabupaten ketiga yang dipilih sebagai lokasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jawa Timur (Jatim), Rabu (10/07/2024).

Kegiatan roadshow yang ketiga ini diadakan di Aula Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Tuban dan dihadiri Ketua PCNU Tuban, Pengawas Senior Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan 4 OJK Provinsi Jawa Timur, IDX Surabaya, CGS Sekuritas Internasional.

Menurut M. Iskandar Zulkarnaen, selaku Galeri Investasi Syariah PW GP Ansor Jawa Timur, Tuban dipilih sebagai lokasi roadshow karena lokasinya yang dianggap strategis.

“Begini jadi setelah pertama ini di Mojokerto kedua di Jombang sekarang di Tuban, dan selanjutnya adalah Sumenep dan Sampang,” terangnya.

Zulkarnain menjelaskan bahwa para peserta roadshow akan memperoleh dua hal penting, yaitu pengetahuan dan alat. Menurut Zulkarnain, semua peserta akan menerima materi yang disampaikan oleh perwakilan dari OJK, Bursa Efek Indonesia Surabaya, dan CGS Sekuritas Internasional.

“Dalam roadshow ada dua hal, yang pertama tentang ilmu dan alat untuk bertransaksi,” jelasnya.

Direktur GIS berharap para peserta roadshow, terutama kader Ansor, dapat mengikuti kegiatan dengan serius hingga akhir. Dengan begitu, pengetahuan yang diperoleh dapat diaplikasikan di masa depan untuk mendukung dan mengembangkan ekosistem pasar modal syariah dalam Gerakan Pemuda Ansor Jawa Timur.

“Sahabat-sahabat sekalian di Indonesia, khususnya di Tuban bisa secara serius dan sungguh-sungguh memulai edukasi pasar modal,” harapnya.

Sementara itu, Gus Abdul Muis, Ketua Pimpinan Gerakan Pemuda Ansor Tuban, sangat mendukung kegiatan roadshow yang melibatkan kader Ansor di Tuban. Menurutnya, kerjasama dengan berbagai pihak dalam kegiatan ini dapat memberikan banyak manfaat bagi kader Ansor di Tuban.

“Saya dari acara ini bisa banyak program yang dapat kerjasama dengan berbagai pihak, sehingga bisa memberikan manfaat kepada kita kader Ansor dan semuanya,” tuturnya.

Peserta roadshow diketahui terdiri dari perwakilan Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor se-Tuban, beberapa Badan Otonom (Banom) NU seperti PMII, Pagar Nusa, IPNU, IPPNU, serta perwakilan dari beberapa institusi terkait, antara lain Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban, Institut Ilmu Kesehatan Nahdlatul Ulama (IIKNU) Tuban, Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Tuban, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Senori, dan Ma’had Bahrul Huda Tuban.