Bayi Baru Lahir Ditemukan di Teras Rumah Warga Tuban

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Penemuan seorang bayi di rumah warga Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, menghebohkan masyarakat setempat karena bayi tersebut hanya dibalut kain sarung.

Bayi tersebut ditemukan pada pukul 00.30 WIB di teras rumah Rawuh (60), warga setempat. Dia mendengar tangisan bayi namun awalnya mengira itu bukan bayi sungguhan.

Setelah diperiksa, ternyata benar bayi. Rumah Rawuh yang dekat dengan tenaga kesehatan Puskesmas Semanding bernama Budi membuat Rawuh segera menghubungi Budi.

Budi kemudian membawa bayi tersebut ke bidan desa, Karyani. Namun sebelum itu, Budi membeli susu di Alfamart yang masih buka karena bayi tersebut menangis.

"Saya mendengar tangisan bayi sekitar setengah satu, awalnya takut memeriksa karena dikira hantu, tapi setelah membangunkan orang rumah, ternyata benar bayi," kata Rawuh pada Rabu (10/07/2024).

Rawuh segera menghubungi Budi dan melaporkan kejadian ini ke Polsek Semanding. Ketika polisi tiba, bayi tersebut dititipkan di rumah bidan desa.

Menurut Karyani, bayi tersebut dibawa pada pukul 02.00 WIB oleh Budi dan empat anggota polisi.

"Sepertinya bayi ini baru berusia tiga hari dengan berat 3 kg," ujarnya. 

Karyani juga menduga orang yang meletakkan bayi di rumah Rawuh bukan warga Bektiharjo, karena ia tahu siapa saja yang hamil dan melahirkan di desa tersebut.

"Sepertinya bukan orang sini, kemungkinan melahirkan di rumah sakit dan kemudian menaruh bayi di teras rumah Rawuh karena melihat tulisan praktek Budi," Benernya. 

Bayi tersebut nantinya akan dibawa oleh Dinas Sosial, meskipun banyak warga yang ingin mengadopsi bayi ini, keputusan akan diserahkan kepada Dinas Sosial. [Dwi/Ali]