Mental Baja Tim U-19 Indonesia Diuji dalam Laga Kedua Lawan Kamboja

Reporter : Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Tim U-19 Indonesia kini fokus mempersiapkan diri untuk laga kedua mereka melawan Kamboja di Kejuaraan ASEAN U-19 Boys Championship 2024. Pelatih kepala Garuda Nusantara, Indra Sjafri, mengungkapkan bahwa turnamen ini digunakan sebagai fase untuk mencari komposisi terbaik tim.

"Terutama di fase grup ini. Oleh karena itu, kami akan selalu melakukan rotasi pemain dalam setiap laga, maksimal lima pergantian. Kami akan memanfaatkannya baik di awal maupun pertengahan babak. Semua pemain dalam kondisi fit dan tidak ada yang cedera, menurut laporan tim dokter pagi tadi," ujar Indra saat sesi latihan tim. 

Meski sukses meraih kemenangan telak 6-0 melawan Filipina di laga perdana, Indra Sjafri tetap mengingatkan pemain dan jajaran pelatihnya bahwa periodisasi setiap laga harus terus diperbaiki. 

"Kami melakukan evaluasi dengan refleksi diri masing-masing, tiga hal yang baik dan tiga hal yang tidak baik dari laga sebelumnya. Apa yang bisa diperbaiki, seperti pengambilan keputusan yang salah, itu bisa diperbaiki," jelasnya.

Indra menambahkan bahwa perbaikan teknis tidak bisa dilakukan secepat itu, namun cara pengambilan keputusan tergantung pada visi masing-masing pemain dan bagaimana mereka melihat situasi. 

"Hal itu yang mungkin bisa diperbaiki dalam waktu dekat," tambahnya.

Indra Sjafri juga menekankan pentingnya memberi ruang bagi pemain untuk merefleksi diri agar dapat mengembangkan diri. Mengenai calon lawan, Kamboja, Indra menilai mereka memiliki daya juang tinggi meski kalah 2-3 dari Timor Leste di laga perdana.

"Kamboja sempat tertinggal 0-3 tapi mampu mengejar dua gol. Hal ini patut diwaspadai. Saya meminta pemain untuk tidak meremehkan calon lawan. Secara mental, tidak boleh ada yang jemawa atau merasa enteng. Di sepak bola, apa saja bisa terjadi," tegasnya.

Indra juga menyatakan bahwa dirinya sudah banyak mengetahui permainan Kamboja. 

"Kami mewaspadai Kamboja secara keseluruhan, bukan perorangan. Jika game plan kita benar, bagaimana kita menyerang dan bertahan dengan benar, pemain yang menonjol dari mereka akan terisolasi," tutupnya.

Dony Tri Pamungkas dan kawan-kawan akan menghadapi Kamboja pada tanggal 20 Juli 2024, pukul 19.30 WIB di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Sebelumnya, Filipina akan melawan Timor Leste pukul 15.00 WIB di tempat yang sama. [Rof/Ali]