7 Oleh-oleh Khas Tuban yang Wajib Dibawa Pulang Saat Liburan

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Tuban, kota yang terletak di pesisir utara Jawa Timur, tidak hanya terkenal dengan pantainya yang indah, tetapi juga dengan berbagai oleh-oleh khas yang sayang untuk dilewatkan, Minggu (14/7/2024). 

Bagi Anda yang berencana menghabiskan liburan di Tuban, berikut adalah sepuluh oleh-oleh yang wajib dibawa pulang sebagai kenang-kenangan dan buah tangan untuk keluarga dan teman.

1. Kecap Manis Cap Laron

Kecap manis ini memiliki rasa yang khas dan sudah terkenal sejak lama. Banyak wisatawan yang membelinya sebagai oleh-oleh karena rasa manis dan aroma khasnya yang berbeda dengan kecap dari daerah lain.

 

2. Kerupuk Ikan

Kerupuk ikan khas Tuban terbuat dari ikan segar yang diolah dengan bumbu tradisional. Rasanya yang gurih dan renyah membuatnya menjadi camilan favorit.

 

3. Ikan Asap

Sebagai kota pesisir, Tuban terkenal dengan produk ikan asapnya. Ikan asap Tuban diolah dengan cara tradisional, sehingga menghasilkan rasa yang khas dan aroma yang menggoda.

 

4. Kerupuk Tengiri

Kerupuk tengiri khas Tuban terkenal dengan rasa gurih dan renyahnya. Dibuat dari ikan tengiri segar, kerupuk ini sangat cocok dijadikan camilan atau pelengkap makan.

 

5. Siwalan

Buah siwalan atau lontar merupakan buah khas yang banyak ditemukan di Tuban. Buah ini dapat dimakan langsung atau diolah menjadi minuman segar yang menyegarkan.

 

6. Legen

Legen adalah minuman tradisional yang terbuat dari nira pohon siwalan. Minuman ini memiliki rasa manis yang khas dan menyegarkan, cocok untuk melepas dahaga setelah berkeliling kota.

 

7. Batik Gedog

Batik Gedog merupakan batik khas Tuban yang dibuat dengan teknik tenun tradisional. Motifnya yang khas dan warnanya yang alami membuat batik ini sangat istimewa dan cocok dijadikan oleh-oleh khas.

Jadi, jangan lupa untuk mencicipi dan membawa pulang oleh-oleh khas Tuban ini saat Anda berlibur di sana. Selamat menikmati liburan dan selamat berbelanja oleh-oleh!

[Ali/Rof]