Pembukaan Porkab Ke-VIII di Tuban Meriah, tapi Diwarnai Kericuhan Antar Penonton

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Tuban Ke-VIII resmi dibuka oleh Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky di Stadion Tuban Sport Center (TSC), Rabu malam, 3 Juli 2024.

Pada pembukaan Porkab Ke-VIII ini, Pemerintah Kabupaten Tuban menghadirkan bintang tamu grup musik Guyon Waton dari Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Grup musik tersebut diundang untuk menghibur ribuan atlet dan penonton setelah seremonial pembukaan. Namun, saat grup musik yang terkenal dengan lagu 'Wirang' itu tampil di panggung, terjadi kericuhan antar penonton.

Info yang diterima blokTuban.com, kericuhan antar penonton terjadi dua kali saat grup musik tersebut menyanyikan lagu kelima dan keenam.

Menanggapi kericuhan ini, Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Tuban, M. Emawan Putra, mengatakan bahwa melalui acara seperti ini, Pemkab Tuban sebenarnya ingin memberikan hiburan kepada masyarakat.

"Kami sangat menyayangkan insiden ini. Pemkab Tuban sebenarnya ingin menghibur masyarakat. Kami berharap ada edukasi dari teman-teman agar masyarakat bisa lebih kondusif dalam menyikapi acara-acara seperti ini," jelas Emawan.

Selain itu, terkait kerusakan fasilitas umum di stadion akibat kericuhan ini, Emawan memastikan tidak ada fasilitas umum yang rusak.

"Insyaallah tidak ada kerusakan," tambah Emawan.

Untuk pengamanan dalam acara pembukaan olahraga dua tahunan ini, Pemkab Tuban melibatkan petugas gabungan dari Satpol PP, Polres Tuban, dan Kodim 0811/Tuban.

[Ali/Dwi]