Teknis Penyembelihan Hewan Kurban yang Sesuai Syariat Dipelajari di Tuban

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP2P) Kabupaten Tuban mengadakan Pelatihan Juru Sembelih Halal (JULEHA) dan Penanganan Daging Kurban (Butcher) pada Selasa, 11 Juni 2024, di Rumah Potong Hewan Ruminansia (RPH-R) Tuban. 

Sebanyak 96 peserta mengikuti pelatihan ini, yang melibatkan juru sembelih, takmir, panitia kurban, dan individu.

Pelatihan berlangsung selama dua hari, di mana hari pertama difokuskan pada praktek penyembelihan sapi dan kambing, sementara hari kedua berisi bimbingan teknis dan pelatihan terkait Juleha dan penanganan daging kurban, yang diikuti oleh 300 peserta.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan sekaligus Plt. Sekretaris DKP2P Kabupaten Tuban, Pipin Diah Larasati, menjelaskan bahwa pelatihan ini dilakukan sebagai persiapan menjelang Hari Raya Idul Adha 2024 serta untuk memberikan pemahaman mengenai penyembelihan hewan dan penanganan daging yang sesuai syariat, yaitu ASUH (Aman, Sehat, Utuh, dan Halal).

Para pemateri dari Balai Besar Pelatihan Peternakan Provinsi Jawa Timur menyampaikan teknis penyembelihan hewan kurban dengan memperhatikan kesejahteraan hewan, mulai dari proses sebelum, saat, hingga setelah penyembelihan. 

Hal ini bertujuan untuk menjamin kehalalan daging kurban yang akan dibagikan.

Peserta yang mengikuti pelatihan akan menerima sertifikat dan diharapkan dapat menerapkan serta menularkan ilmu yang diperoleh kepada juru sembelih dan takmir lainnya.

Salah satu peserta, Irkhamna dari Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kerek, menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Tuban dan DKP2P atas pelatihan ini, karena memberikan pengetahuan dan pengalaman baru terkait penyembelihan hewan dan penanganan daging. 

"Kami berkomitmen untuk menyebarkan ilmu yang diperoleh kepada panitia kurban dan warga lainnya," katanya. [Ali/Dwi]