Resep Kue Kancing Kembang Gula, Nostalgia Jajanan Jadul di Momen Lebaran

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Membuat kue kancing atau kue kembang gula jadul untuk suguhan meja saat Lebaran bisa menjadi ide yang bagus untuk menambahkan nuansa nostalgia dan kehangatan pada momen tersebut. 

Kue kancing merupakan salah satu kue tradisional yang biasanya disajikan pada berbagai kesempatan, termasuk Lebaran.

Kue kancing jadul memiliki rasa dan warna-warni icing gula, yang mungkin mengingatkan orang-orang pada kenangan masa kecil atau momen-momen spesial di masa lalu. Yuk intip resep selengkapnya.

Bahan-bahan
350 g tepung terigu serbaguna
2 sdm susu bubuk
1 butir telur utuh
150 g margarin
50 g butter
90 g gula halus 
1/4 sdt garam

Bahan kembang gula:
1 butir putih telur
1 sdt air jeruk
250 g gula halus
Sesuai selera pewarna makanan

Cara Membuat
1. Dalam wadah agak besar. Campur margarin, butter, gula halus, garam dan telur. Mixer dengan kecepatan sedang, cukup sampai tercampur rata saja. Kemudian aduk sebentar dengan spatula.
2. Kemudian masukkan campuran tepung terigu dan susu bubuk sedikit demi sedikit. Aduk hingga rata dan kalis.
3. Selanjutnya siapakan loyang yang sudah dioles margarin dan dialas kertas roti. Timbang seberat 5 gram lalu, bulatkan, pipihkan sambil dibentuk agak lonjong dan bentuk bagian pinggirnya dengan garpu.
4. Selanjutnya masukkan loyang yang berisi adonan dalam oven yang sudah dipanaskan. Panggang dengan suhu 160 derajat celcius selama 25 menit. Setelah matang angkat dan dinginkan.
5. Selanjutnya buat kembang gula. Caranya campur putih telur dan air jeruk. Mixer dengan kecepatan rendah sampai berbusa. Lalu masukkan gula halus sedikit demi sedikit, mixer rata. Adonan akan mirip seperti buttercream.
6. Kemudian bagi adonan kembang gula menjadi beberapa bagian. Bagi menjadi 4 bagian. Beri pewarna pink, kuning tua dan hijau, yang satu lagi tanpa diwarnai. Beri pewarna aduk rata. Masukkan dalam plastik segitiga.
7. Siapkan satu lembar plastik segitiga, gunting ujungnya, beri spuit bintang. Pakai spuit Wilton no.17. Spuitkan adonan kembang gula di atas kue yang sudah agak dingin.
8. Oven kembali kue yang sudah diberi kembang gula dengan suhu 150 derajat celcius selama 3 menit. Segera keluarkan dari oven dan angin-anginkan.
9. Biarkan hingga kue dingin dan kembang gula akan mengeras sendiri. Masukkan dalam toples kedap udara. 
10 Kue kancing kembang gula siap dinikmati.


Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS