Rasa Dumbek, Kenikmatan yang Tak Tergantikan di Setiap Gigitannya

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Tiap memasuki bulan Ramadan hingga menjelang lebaran, Dumbek, jajanan khas Tuban, mengalami lonjakan pemesanan yang berlipat dari hari biasa. 

Jajanan ini tak hanya diminati warga Tuban, tapi juga dicari oleh warga luar kota sebagai oleh-oleh usai melintas atau bepergian ke Tuban. 

Dumbek terbuat dari paduan rasa manis dan gurih hasil olahan dari tepung beras, gula merah, dan santan kelapa, cocok dinikmati sebagai sajian berbuka puasa atau suguhan saat lebaran. 

Kemasannya yang khas, terbuat dari lilitan daun siwalan dengan bentuk mengerucut seperti terompet, menempatkan Dumbek layak dibawa sebagai buah tangan untuk keluarga maupun relasi. 

Miftahurrohmah, seorang pengusaha rumahan pembuat Dumbek asal Desa Kesamben, Kecamatan Plumpang, Tuban, mengatakan bahwa tiap memasuki bulan puasa, penjualannya melonjak tajam. 

"Saat mendekati hari raya, Dumbek buatannya bisa terjual hingga dua ribu buah atau 10 kali lipat dari hari biasa yang hanya 200 buah saja," ujarnya, Senin (25/3/2024). 

Meski harganya mengalami penyesuaian dengan harga bahan-bahan produksi, harga Dumbek masih terhitung murah jika disandingkan dengan rasa jajanan, alur pembuatan, dan kemasannya yang khas. [Ali/Dwi]