Resep Madu Mongso Jadul, Ide Suguhan di Momen Lebaran

Oleh: Dwi Rahayu

 

blokTuban.com - Jajanan madu mongso yang terbuat dari tape ketan bisa menjadi pilihan yang lezat dan unik sebagai hidangan suguhan Lebaran nanti. 

 

Tape ketan memberikan rasa manis dan sedikit asam yang khas, serta tekstur yang empuk sedikit lengket. 

 

Penyajiannya bisa dikondisikan sesuai keinginan, biasanya madu mongso dibentuk bulat lalu dibungkus dengan kertas warna-warni atau plastik bening dengan tali ujungnya.

 

Berikut selengkapnya resep membuat madu mongso untuk suguhan meja di momen Lebaran.

 

Bahan-bahan

500 ml santan kental

400 gr gula merah

150 gr gula pasir

Bam han tape ketan:

500 gr ketan hitam

500y gr ketan putih

1 butir ragi (ukuran sebesar koin)

1 liter air

 

Cara Membuat

• Tape Ketan

1. Cuci bersih beras ketan (3x bilas), rendam dengan air hangat kurang lebih 6 jam. Setelah itu tiriskan air rendaman, bilas 2x, tiriskan kembali.

2. Rebus 1 liter air, didihkan. Masukkan beras ketan kedalam air mendidih, aduk perlahan hingga air terserap habis, matikan api.

3. Panaskan dandang kukusan, kukus ketan selama 30 menit. Setelah beras ketan tanak/ masak pindahkan ke tempat yang bersih dan lebar, angin-anginkan hingga benar-benar dingin.

4. Tumbuk ragi hingga halus (usahakan jangan terkena tangan), dengan bantuan ayakan/ saringan yang berlubang halus dan sarung tangan taburkan ragi merata pada permukaan ketan, kemudian balik ketan taburkan ragi secara rata kembali.

5. Siapkan wadah kaca/ plastik tebal yang bersih (bisa diberi alas daun pisang yang sudah dicuci & dikeringkan) masukan ketan, beri lembaran plastik bersih pada bagian mulut wadah, tutup rapat.

6. Simpan dalam lemari tertutup, biasanya tape ketan akan bisa dipanen pada hari ke 2 atau 3. Setelah tape ketan jadi untuk memperlambat proses fermentasi bisa di masukkan kedalam lemari es atau masukkan sendok stainless steel kedalam wadah ketan bila di letakkan pada suhu ruang.

 

• Madu Mongso 

1. Siapkan tape ketan bila airnya terlalu banyak tiriskan sedikit (1x tiris saja).

2. Siapkan gula merah, gula pasir, garam dan daun pandan bila ada. 

3. Siapkan santan kental jangan dari kelapa tua supaya tidak terlalu berminyak hasilnya nanti. Rebus santan bersama duo gula.

4. Bila sudah mendidih dan gula larut masukkan tape, aduk merata.

5. Masak dengan api sedang, cukup sesekali diaduk saat santan masih banyak agar santan tidak terlalu menjadi minyak. Saat santan mulai menyusut aduk balik hingga dasar panci/ wajan, matikan api, pindahkan panci/ wajan dari atas kompor supaya tidak terkena panas dari tungku kompor yang membuat adonan menjadi kering.

6. Kemas madu mongso sesuai selera, bisa menggunakan plastik atau kertas minyak.

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS