Cara Membuat Rica-rica Belut, Cocok Dinikmati Saat Musim Penghujan

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Siapa sih yang tidak tahu belut, hewan yang sering ditemui di setiap daerah. Selain digoreng, hewan ini rupanya juga dapat diolah menjadi beberapa macam jenis makanan lainnya. Salah satunya ialah rica-rica belut

Di mana, belut terlebih dahulu dipotong-potong menjadi beberapa bagian, baru kemudian digoreng dan dicampur dengan bumbu rica-rica. 

Salah seorang masyarakat yang tinggal di Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban, Khomsiatun mengatakan untuk membuat rica-rica belut bahan yang disiapkan ialah antara lain, belut, jeruk nipis, garam, daun pandan, daun jeruk purut, merica bubuk, tomat, dan juga minyak.

"Untuk bumbu yang perlu disiapkan adalah bawang putih, bawang merah, cabai merah besar, cabai rawit, cabai merah keriting, serai dan jahe," jelasnya kepada blokTuban.com, Minggu (18/2/2024). 

Setelah belut terpotong beberapa bagian, lanjutnya, maka selanjutnya ialah lumuri belut dengan menggunakan air jeruk nipis dan garam, lalu diamkan selama 10 menit. 

Jika sudah, setelah itu goreng belut hingga matang serta kering, baru kemudian tumis bumbu cincang, daun jerung dan daun pandan yang sudah disiapkan. 

"Jangan lupa untuk menambahkan tomat, cabai merah besar, cabai merah keriting, cabai rawit garam, merica sesuai selera dan aduk hingga rata," katanya. 

Apabila rasa bumbu rica-rica sudah sesuai dengan lidah, maka langkah selanjutnya ialah memasukkan belut yang telah digoreng, ke dalam bumbu rica-rica tersebut dan siap untuk dinikmati bersama dengan nasi panas. [Sav/Ali]