KPU Mulai Distribusikan Logistik Pemilu di Tuban

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban, mulai mendistribusikan logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, di sejumlah kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban.

Ketua KPU Tuban, Fatkul Iksan mengatakan jika pendistribusian logistik dibagi menjadi dua. Yakni logistik yang masuk kotak suara dan logistik di luar kotak suara. 

"Untuk logistik kotak suara dan isinya, rencana distribusi mulai tanggal 8 Februari 2024 nanti," katanya kepada blokTuban.com, Selasa (6/2/2024).

Sementara untuk logistik kelengkapan lainnya di luar kotak suara, didistribusikan mulai hari ini atau tanggal 6 Februari 2024.

Dalam pendistribusian Logistik Pemilu ini, Fatkul mengaku jika KPU Tuban mentargetkan selesai pada tanggal 11 Februari 2024 nanti. Setelah itu, baru kemudian didistribusikan ke masing-masing desa dan juga Tempat Pemungutan Suara (TPS). 

"Target selesai tanggal 11, baru nanti didistribusi ke desa dan TPS," jelasnya. 

Adapun logistik Pemilu yang masuk ke kotak suara, lanjutnya, yaitu surat suara, bantalan, alat coblos, segel, ataupun form lainnya. 

Sedangkan logistik yang berada di luar kotak suara, diantaranya ialah tanda pengenal, daftar calon, alat tulis kantor, dan juga Daftar Pemilih Tetap (DPT) di masing-masing TPS. 

Sekedar diketahui, dalam Pemilu 2024 terdapat 945.539 DPT yang tersebar di 3.690 TPS, 328 kelurahan/desa, di 20 kecamatan. Rinciannya, 46.016 DPT laki-laki dan 477.523 DPT perempuan. [Sav/Ali]