Cukup 4 Bahan Utama, Begini Cara Membuat Sempol Ayam Praktis

Reporter : Savira Wahda Sofyana  

blokTuban.com - Hawa dingin yang datang di musim hujan, seringkali membuat masyarakat merasa cepat lapar dan ingin memakan cemilan. Salah satu alternatifnya, dengan membuat aneka gorengan karena mudah dibuat sendiri di rumah.   

Namun, selain gorengan kalian juga bisa mencoba membuat alternatif jajanan lainnya, seperti halnya sempol ayam. Selain pembuatannya cukup praktis, jajanan yang sempat viral beberapa waktu lalu ini juga membutuhkan bahan yang sedikit saja.   

Salah seorang ibu rumah tangga di Desa Patihan, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban, Darwati membeberkan untuk membuat sempol ayam, terdapat beberapa bahan yang perlu disiapkan.

Seperti halnya tepung terigu 3 SDM, tepung tapioka 11 SDM, daging ayam fillet, telur ayam, serta beberapa bumbu dapur .  

"Untuk bumbu-bumbunya ada bawang putih, bawang goreng secukupnya, satu batang daun bawang, garam, gula, rasa dan lada bubuk," ungkapnya kepada blokTuban.com, Minggu (14/1/2024).

Setelah beberapa bahan tersebut siap, maka masuk ke tahap pembuatan, dengan menghaluskan bawang putih ayam filet yang telah dipotong terlebih dahulu, bawang goreng, lada bubuk, garam, gula, penyedap dan juga telur ayam.  

Sesudah halus, kemudian masukkan tepung terigu dan tepung tapioka ke dalam adonan, campur hingga merata menggunakan air es. 

"Kalau sudah rata baru tambahkan daun bawang yang sudah dicincang, lalu ratakan kembali," sambungnya.  

Selanjutnya, jika tekstur adonan dan juga rasanya sudah pas, maka proses berikutnya ialah mencetak satu persatu sempol ayam, ke tusuk sate.  

Apabila seluruh adonan telah dicetak di tusuk sate, maka dapat langsung dimasukkan ke dalam air yang mendidih, untuk dimasak hingga matang. 

"Biasanya sempol akan mengambang jika sudah matang. Kalau sudah matang semua, kemudian diangkat dan dibiarkan hingga dingin," katanya.   

Lebih lanjut, setelah sempol ayam dingin, maka proses selanjutnya ialah menggorengnya. Untuk mendapatkan rasa yang lebih optimal, biasanya sempol ayam digoreng, dengan telur sehingga rasanya sangat gurih dan lezat.   

"Untuk satu resep ini, kurang lebih akan jadi sekitar 35 tusuk," imbuhnya. [Sav/Ali]