Resep Cromboloni Viral Dibikin Burger Isian Ayam Lada Hitam

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Cromboloni atau salah satu kuliner turunan dari pastry ini, hingga kini masih hangat menjadi perbincangan para pecinta kuliner. Nah kali ini bagaimana jadinya kalau cromboloni dibikin jadi burger? Yuk simak selengkapnya.

Jika selama in cromboloni identik dengan isian coklat, matcha atau varian lainnya. Ternyata cromboloni tidak kalah nikmat jika diisi dengan sayam dan sayur seperti membuat burger. Berikut resep selengkapnya.

Bahan-bahan
Bahan adonan luar: 
250 gr tepung terigu (campuran 200 gr protein tinggi dan 50 gr terigu protein sedang)
25 gr tepung maizena, opsional
30 gr atau sekitar 2 sdm gula pasir
½ sdt garam
4 gr ragi instan
3 gr atau sekitar ½ sdt ansys, atau 1 gr bread improver
10 gr atau sekitar 1 sdm susu bubuk
30 gr ubtter atau margarine
145 ml air dingin

baca juga:

Resep Olahan Kikil Sapi Lezat Dinikmati Hangat Pakai Lontong

Bahan laminasi:
130 gr korsvet

Bahan Polesan:
Secukupnya madu dan mentega untuk polesan (perbandingan 1:1)

Filling:
Secukupnya saus keju
Secukupnya ayam lada hitam
Secukupmya saus sambal
Wijen sangrai untuk taburan

Cara Membuat
1. Membuat adonan luar atau croissant dough: Campurkan tepung terigu, gula pasir, susu bubuk, ragi instan, dan ansys jika pake, aduk rata. Kemudian masukkan air dingin secara bertahap sambil diulen hingga tercampur rata, adonan tidak perlu kalis. 
2. Tambahkan garam, lalu butter atau margarine, aduk rata. Mixer atau ulen manual sekitar 5 menit sampai kalis, hingga adonan halus tapi tidak perlu kalis elastis. Bulatkan, bungkus plastik wrap atau kresek. 
3. Istirahatkan di suhu ruang sekitar 20 menit.

baca juga: 

Resep Cromboloni yang Viral Cuma Pakai 3 Bahan, Instan Bikinnya

4. Setelah 20 menit, gilas dan pipihkan membentuk persegi. Lalu simpan di freezer 30 menit. Setelah dari freezer, pindah ke chiller, simpan minimal 1 jam, untuk pemula simpan semalaman. Ini salah satu kunci agar adonan super lentur dan anti sobek.
5. Persiapan laminasi: Ambil korsvet sesuai takaran. Masukkan ke dalam plastik zipper ukuran 22 x 16 cm. Gilas rata. Simpan Kulkas asal sampai kaku, sekitar 5 menit.
6. Keluarkan croissant dough dari chiller. Pipihkan kembali dengan ukuran 24 x 34 cm. Lalu tempatkan adonan korsvet tepat di Tengah. Lipat kanan kiri. Rekatkan bagian sambungannya di bagian Tengah dengan cara ditekan pelan-pelan. Begitu juga dengan bagian ke dua ujungnya. Gilas perlahan, dimulai dari arah tengah.
7. Gilas memanjang dengan ukuran sekitar 20 x 40 cm. Rapikan pinggiranya. Lalu lipat dengan teknik double fold yaitu dilipat 2 sisi ke arah dalam (seperti menutup buku), dengan salah satu sisi lebih lebar.
8. Lalu gilas memanjang deng ukuran sekitar20 x 30 cm. Kemudian lipat satu kali ke arah dalam. Simpan di freezer 20 menit atau sampai adonan menjadi kaku.
9.Setelah kaku, pipihkan kembali dengan ukuran sekitar 20 x 40 cm. Kemudian lipat single 3 layers. Bungkus plastik. Diamkan di freezer hingga beku. Terakhir, bentuk dengan cara dipipihkan dengan ukuran 20 X 40 cm. Kemudian gulung. 

baca juga:

Resep Brownies Matcha, Rasa Green Tea yang Lumer di Mulut

10. Rekatkan ujungnya dengan dikuas air. Di tahap ini bisa disimpan dulu di freezer hingga kaku, agar mudah diiris dan lebih rapi. Tapi kalau mau langsung dipotong, potong dengan cutter atau pisau tajam ya.
11. Potong jadi 5, masing-masing lebar 4 cm. Setelah itu tambahkan ring cutter yang sudah dioles margarine. Tutup plastik diamkan sekitar 1 s.d 2 jam atau hingga mengembang 2 kali lipat.
12. Setelah mengembang, singkirkan plastik penutup. Lalu tutup dengan loyang yang dialas baking paper, dan ganjal dengan pemberat, misalnya cobek atau batu. 
13. Jika menggunakan oven tangkring, panggang di suhu 200°C kira-kira menggunakan api sedang agak besar, selama 40 s.d 45 menit. Setelah itu buka oven, balik posisi Crombo dengan membalik loyang secara perlahan, kembali panggang di suhu yang sama sekitar 35 s.d 40 menit.
14. Setelah itu turunkan suhunya menjadi 150 °C kira-kira menggunakan api sedang agak kecil, buka penutup loyang, dan panggang selama 30 menit.
15. Terakhir, turunkan kembali suhunya menjadi sekitar 110 °C kira-kira menggunakan api kecil, selama setengah jam atau bahkan 1 jam, sesuai selera, jadi untuk tingkat kekeringan Crombonya itu sesuai selera. 5 atau 10 menit sebelum diangkat, poles permukaan Crombo dengan campuran mentega dan madu, agar hasilnya mengkilat cantik.
16. Setelah matang, angkat. Sajikan Crombo dengan selai coklat atau bisa juga dibuat versi savory. Jika dibuat versi savory, selagi hangat, belah jadi 2. Tambahkan selada, semprot saus keju, tambahkan ayam lada hitam. Lalu tutup dengan potongan Crombo lainnya. Tabur wijen sangrai, atau topping lainnya, sesuai selera. Kemas dengan kertas roti dan bungkus di mika burger. Selamat mencoba.
 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS