Resep Ramuan Awet Muda Kunir Asem yang Dibagikan dr Zaidul Akbar

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Salah seorang dokter yang mendalami pengotab herbal, dr Zaidul Akbar menyebut kunir asem yang khasiat dapat berkontribusi pada kesehatan kulit dan potensialnya untuk memberikan efek awet muda. 

Untuk mendapat kulit cantik kini tak melulu harus menggunakan produk kecantikan. Dengan memanfaatkna bahan alami berupa kunyit dapat memberikan tampilan awet muda.

Manfaat kunyit untuk awet muda disampaikan oleh dr Zaidul Akbar dalam kajian dakwahnya yang diunggah melalui kanal YouTube Bisikan.com seperti dikutip bloktuban pada Sabtu (2/12/2023).

dr Zaidul Akbar yang kerap memberikan resep kesehatan dari bahan-bahan alami ini mengatakan, kunyit dapat memicu tubuh untuk mengaktifkan gen awet muda.

Diketahui ramuan kunir asem mengandung senyawa antioksidanasam askorbat dan flavonoid. Antioksidan membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini.

Selain itu kunir asem dipercaya dapat membantu mengatur produksi minyak pada kulit. Ini bisa bermanfaat bagi orang-orang dengan kulit berminyak atau masalah jerawat.

Namun sebaiknya sebagai pilihan, Anda bisa mengganti setiap harinya dengan herbal lain, seperti jahe, kencur, serai dan sebagainya,

"Jadi kalau dibilang secara keamanan bolehkah kita mengonsumsi kunyit setiap hari? Sebenarnya aman saja tapi kalau saya lebih memilih untuk diganti ganti. Misalkan hari ini minum kunyit, besok jahe, besok kencur gitu aja terus," ujar dokter penggas Jurus Sehat Rasulullah tersebut.

Bahan

125 gr kunir, cuci bersih

80 gr gula pasir (sesuai selera)

60 gr gula merah

50 gr asam jawa

1,2 liter air

 

Cara Membuat

1. Siapkan bahan, potong potong kunyit.

2. Haluskan kunyit dengan cara di blender atau di parut.

3. Masukkan semua bahan kedalam panci lalu masak hingga mendidih.

4. Saring jika sudah hangat. Jamu kunir asem siap disajikan. Bisa dinikmati selagi hangat atau dingin. 

 

Itulah resep mmebuat ramuan kunira sem yang dipercaya dapat memberikan efek kecantikan kulit. Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa efeknya mungkin bervariasi dari individu ke individu. 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS