Tasyakuran Aqiqah di Kalangan Muslim dan Ketentuannya

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Kalangan muslim khususnya Nahdliyin merayakan kelahiran anak salah satunya dengan menggelar tasyakuran aqiqah. Tradisi Islam yang melibatkan penyembelihan hewan kurban untuk merayakan kelahiran seorang anak.

Seperti dikutip dari laman NU Online, dalam hadits Nabi, hukum menyembelih aqiqah sunah muakkadah.

عَنْ سَمُرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ‌الغُلَامُ ‌مُرْتَهَنٌ ‌بِعَقِيقَتِهِ ‌يُذْبَحُ ‌عَنْهُ ‌يَوْمَ ‌السَّابِعِ، ‌وَيُسَمَّى، ‌وَيُحْلَقُ ‌رَأْسُهُ 

Artinya: Dari Samurah, ia berkata, Nabi bersabda: Seorang bayi itu digadaikan dengan (jaminan) aqiqahnya; aqiqah itu disembelih pada hari ketujuh (dari hari kelahiran), (pada hari itu pula) si bayi diberi nama dan dipotong rambutnya (HR Sunan al-Tirmidzi 4/101, dalam kitab Al-Adlaha bab Al-aqiqah).

Pada dasarnya Aqiqah ditunaikan apabila seorang muslim mampu melakukannya dan dari harta ayah, bukan harta anak. Apabila seorang muslim tidak memiliki kemampuan untuk biaya aqiqah, maka tidak apa-apa tidak menunaikan aqiqah. 

Apabila seorang ayah tidak dapat mengaqiqahkan sang anak, anak tersebut nanti dapat menunaikan aqiqah untuk dirinya sendiri setelah baligh.

Adapun beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat akan melakukan aqiqah anak adalah sebagai berikut.

1. Kemampuan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tidak semua muslim harus melakukan aqiqah. Jika kamu mampu, maka lakukanlah.

Waktu paling afdal melakukan aqiqah adalah hari ketujuh setelah anak lahir. Meski begitu, kamu bisa juga mengaqiqahkan anak pada hari ke-14 atau ke-21. Tentunya, waktu penyelenggaraan aqiqah dapat disesuaikan dengan kemampuan masing-masing orang tua.

2. Syarat hewan aqiqah

Di samping jumlah hewan aqiqah untuk bayi laki-laki dan perempuan, berikut beberapa ketentuan lain yang harus kamu ketahui dan penuhi saat memilih hewan aqiqah menurut Kumparan. Usia kambing minimal 1 tahun, sedangkan domba 6 bulan.

Tidak catat dengan ketentuan yang dimaksud cacat adalah:

- buta sebelah matanya

- sakit 

- pincang

- sangat kurus hingga tidak punya sumsum tulang

- diutamakan jantan, tetapi betina juga diperbolehkan

3. Proses penyembelihan

Proses menyembelih hewan aqiqah juga perlu dipastikan sesuai syariat, seperti:

- menghadap ke kiblat

- membaca basmalah

- membaca takbir

- membaca salawat Nabi

- membaca doa

- menyembelih di leher atau pangkal leher

- tidak menyakiti hewan

Menunaikan aqiqah adalah salah satu cara mengikuti sunah Rasulullah SAW. Tentunya, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi agar tak sampai menyalahi syariat dan justru menimbulkan mudarat.

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS