Tiga Kecamatan di Tuban Semakin Gerah, Suhunya Capai 35⁰ Celcius

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Beberapa kecamatan di Kabupaten Tuban diprediksikan memiliki suhu hingga 35 derajat celcius pada besok Senin (25/09/2023).

Kepada blokTuban.com, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Zem Irianto Padma mengatakan, bahwa selain faktor kemarau, udara yang terasa lebih panas di Kabupaten Tuban ini dipengaruhi karena selama 30 hingga 60 hari hujan belum mengguyur Kabupaten Tuban sama sekali.

"Salah satu penyebab udara terasa lebih panas sebab, tidak ada hujan yang terjadi selama 30 hingga 60 hari ini," ujarnya.

Zem juga menambahkan jika dengan kondisi yang cerah seperti saat ini, tidak ada tutupan awan di langit. Hal ini menjadikan radiasi matahari yang jatuh ke bumi, bisa langsung ke permukaan bumi sehingga, ketika siang hari wilayah Kabupaten Tuban akan terasa lebih panas dan gerah.

Sedangkan dari prediksi BMKG Kabupaten Tuban, wilayah Kabupaten Tuban masih memiliki rata-rata suhu berkisar 32 derajat.

Namun terdapat beberapa wilayah atau Kecamatan di Kabupaten Tuban pada hari senin besok yang suhunya akan lebih tinggi, bahkan diprediksikan mencapai hingga 35 derajat.

"Emang iya dari prediksi kami, ada beberapa wilayah yang akan memiliki suhu lebih tinggi," sambungnya.

Kecamatan yang terasa lebih panas adalah wilayah Kabupaten Tuban bagian selatan seperti di Kecamatan Soko, Rengel, dan  Parengan.

Zem juga menjelaskan jika kondisi tersebut terjadi karena faktor topografi di wilayah tersebut.

Seperti di wilayah tersebut terletak lebih tinggi, serta struktur tanahnya banyak mengandung logam atau bebatuan.

Ditambah lagi, pohon-pohon yang rimbun atau tumbuh di wilayah tersebut itu sangat kurang.

Dengan kondisi tersebut menjadikan radiasi matahari yang jatuh, bisa langsung ke permukaan wilayah tersebut dan hal tersebut yang menjadikan wilayah tersebut terasa lebih panas.

Kendati  dengan suhu tersebut menurut Zem masih tergolong aman bagi masyarakat yang hendak berkegiatan di luar ruangan.

"Iya masih aman, cuma akan terasa lebih gerah," pungkasnya. [Nur/Ali]