Jember dan Kota Surabaya Pimpin Perolehan Poin, 11 Daerah Masih 0 Medali Termasuk Tuban

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Sebagian daerah di Jawa Timur kini mulai berlomba dalam perolehan medali PORPROV VIII Jatim. Per 30 Agustus 2023, Jember menjadi pemimpin perolehan medali. 

Porprov VIII Jatim sendiri yang menjadi tuan rumah Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto, dan Kabupaten Jombang. Ajang Porprov akan digelar mulai 9 sampai 16 September 2023.

Dikutip blokTuban.com dari laman resmi KONI Jatim, Jember dan Kota Surabaya menjadi pemimpin perolehan poin sama-sama 34. Jember unggul di medali emas dengan 7 keping, perak 2 dan perunggu 2. Sedangkan Kota Surabaya mendapat 5 emas, 4 perak, dan 6 perunggu. 

Diurutan ketiga Gresik mendapat 22 poin, berikutnya Sidoarjo 18 poin, Blitar 16 poin, Ponorogo 13 poin, Trenggalek dan Madiun 10 poin, Bangkalan 8 poin, lalu daerah yang baru mengoleksi 6 poin ada Malang, Ngawi, Pamekasan, Banyuwangi, dan Sampang. 

Lalu, Jombang 5, Kota Kediri 4 poin, yang mendapat 3 poin Kota Blitar, Lumajang, Pasuruan, dan Kota Malang. Yang mendapat 2 poin Magetan, Probolinggo, Sumenep. Selanjutnya yang baru mengoleksi 1 poin ada Kabupaten Bojonegoro, Bondowoso, Kediri, dan Lamongan. 

Adapun daerah yang masih 0 medali yaitu, Kota Batu, Kota Madiun, Kota Mojokerto, Kota Pasuruan, Kota Probolinggo, Mojokerto, Nganjuk, Pacitan, Situbondo, Tuban, dan Tulungagung. 

Gubernur Khofifah Indar Parawansa telah me-launching logo dan maskot untuk Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Jawa Timur (Jatim) 2023, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Sabtu (2/9/2023).

Maskot yang di-launching, adalah maskot Cak Beki maskot Porprov Jatim, lalu Si Udeng dari Kabupaten Sidoarjo, Cak Condro (Kota Mojokerto), Si Mada (Kabupaten Mojokerto), dan Si Jatu (Kabupaten Jombang).

Ketua Umum KONI Jatim, Muhammad Nabil mengatakan kompetisi olahraga antar kabupaten/kota yang digelar di Jatim ini merupakan salah satu yang besar di Indonesia bahkan mengalahkan Pekan Olahraga Nasional (PON).

“Total pesertanya yaitu 17.728 orang, dengan rincian 13.008 orang dari atlet dan 4.720 dari ofisial," pungkasnya. [Ali]