Targetkan Perunggu di Porprov VIII Jatim, Tuban Turunkan 5 Atlet Catur

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Catur menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Jatim tahun 2022. Sebagai partisipan, Kabupaten Tuban menurunkan 5 atlet caturnya untuk mengikuti event tersebut, Jumat (1/9/2023). 

Pertandingan catur di Porprov VIII Jatim direncanakan pada 9 September 2023. Mulai tanggal 1-8 September, kelima atlet Tuban itu diwajibkan mengikuti Training Centre (TC) di salah satu hotel di Tuban. 

Ketua tim pelatih Percasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tuban, Inda Palupi mengatakan, kelima atlet yang disiapkan mewakili Tuban di Porprov tahun ini, yaitu Puan Ayla Islami Kurniawan dari MBI Amanatul Ummah, Alina Fadhila Putri Azzahra dari SMPN 1 Bangilan, Muhammad Arjun Najwa Al Abadi dari SMA N 1 Tuban.

Kemudian Inani Taubatan Nasukha dari SMAN 1 Tuban, dan terkahir Ayu Sagita dari Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban. 

"Kelima atlet direncanakan akan bertanding di Catur Kilat, Cepat dan Klasik," ujar Inda Palupi dalam keterangannya dikutip blokTuban.com. 

TC tersebut bertujuan untuk semakin memantapkan strategi dan meningkatkan kemampuan atlet dalam bertanding. Kelima atlet diberi berbagai materi serta praktik pertandingan catur. 

"Pada TC tersebut juga terdapat motivasi bagi para atlet agar semakin percaya diri dan kuat mental," terangnya.

Percasi Tuban sendiri menargetkan medali perunggu di Porprov tahun ini. Sebab, ini menjadi pengalaman perdana bagi atlet Percasi Tuban turun di kompetisi level regional.

Dibandingkan dengan daerah lain, Tuban terhitung sedikit menurunkan atlet caturnya di Porprov Jatim. Misalnya Kota Malang menurunkan 12 pecatur, dan Sumenep mengirimkan 8 atlet catur. [Ali]