26 Perusahaan Serentak Buka 2.244 Lowongan Kerja di Tuban

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian (Disnakerin) Kabupaten Tuban, kembali menggelar pameran bursa kerja, yang akan dilaksanakan pada 26-27 Juli 2023 mendatang.

Pelaksana Tugas (Plt) Disnakerin Tuban, Suwito mengatakan dalam even pameran bursa kerja ini, terdapat setidaknya 2.244 lowongan pekerjaan (Loker) dari 26 perusahaan, baik dari Kabupaten Tuban maupun luar kabupaten.

“Jumlah perusahaan yang berpartisipasi dalam pameran bursa kerja ini ada 26 perusahaan, dengan jumlah lowongan pekerjaan sejumlah 2.244 lowongan,”  terangnya kepada blokTuban.com, Selasa (25/7/2023).

Baca Juga:

Pelatihan Kompetensi di BLK Tuban Batch 4 Masih Dibuka

Adapun jenis lowongan yang ditawarkan oleh sejumlah perusahaan tersebut, berjumlah 76 formasi. Meski begitu, jumlah ini masih bisa bertambah sewaktu-waktu.

Selain itu, Mantan Camat Grabagan itu juga menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini, yaitu untuk mempertemukan perusahaan pemilik pekerjaan dan pencari kerja, serta menekan angka pengangguran yang ada di Kabupaten Tuban.

Sehingga, melalui pameran bursa kerja yang diadakan di Hall Room Hotel Mustika Tuban ini, dapat mewujudkan kesempatan dan perluasan kerja di Kabupaten Tuban. Bagi para pencari kerja mulai dari lulusan Sekolah Menengah Atas (SMK) ataupun Perguruan Tinggi.

“Sampai saat ini untuk Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kabupaten Tuban mencapai 4,54 persen,” jelasnya.

Baca Juga:

Rusak di Awal 2022, Perbaikan Jembatan Penghubung Desa di Senori Tuban Baru Tahap Pondasi

Dengan adanya pameran bursa kerja ini, maka ia berharap agar para pencari kerja dapat mengetahui informasi lowongan kerja yang terbaru, sesuai dengan pendidikan, keterampilan ataupun kemampuan.

Di samping itu, juga diharapkan agar nantinya dengan terselenggaranya kegiatan tersebut, dapat menekan angka pengangguran di Kabupaten Tuban.

“Melalui kegiatan ini diharapkan perusahaan dapat menyediakan dan menginformasikan lowongan pekerjaan, serta melakukan seleksi awal untuk mencari calon tenaga kerja, yang sesuai kebutuhan,” katanya.

Sementara itu, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tuban mencatat hingga akhir 2022 lalu, terdapat 31.879 atau 4.54 penduduk di Kabupaten Tuban yang menganggur. [Sav/Ali]