Diduga Kebakaran Hutan Jati di Tuban Seluas 5 Hektare Disengaja

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Akibat ulah orang tak bertanggung jawab, hutan jati di Desa Gesing, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, (alas pakah) mengalami kebakaran hebat. 

Kejadian ini terjadi pada hari Minggu sekitar pukul 17.30 Wib. Untuk memadamkan Api petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) membutuhkan waktu 3 jam setengah. Api dipastikan sudah padam dengan aman oleh petugas Damkar pada pukul 21.00 WIB. 

Petugas Damkar Kabupaten Tuban Waris Eko Priyanto mengatakan bahwa, untuk memadamkan kobaran api di alas pakah dibutuhkan 5 unit mobil. 

"Untuk memadamkan api kita membutuhkan 5 unit mobil, 3 unit mobil damkar dan 2 unit mobil supply dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban," ujar Waris Eko Priyanto.

Lebih lanjut Waris menambahkan bahwa objek yang terbakar di alas pakah yaitu pohon jati dan daun kering di sekitar area hutan jati. Dengan luas area yang terbakar sekitar kurang lebih 5 hektar . 

"Luas pemadaman yang kita lakukan kurang lebih 5 hektar," imbuhnya. 

Sedangkan untuk penyebab kebakaran alas pakah ini, Damkar Tuban menduga dibakar oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Sampai saat ini belum diketahui, dimana keberadaan orang tak bertanggung jawab yang membakar hutan jati ini. 

"Belum ada kabar terkait siapa yang membakar," pungkasnya.

Beruntung walaupun membakar kurang lebih 5 hektar lahan hutan jati dalam insiden kebakaran ini tidak ada korban. 

Sebagai informasi tambahan Bagi masyarakat Tuban yang membutuhkan bantuan dari Satpol PP dan Damkar dapat menghubungi Telp (0356) 321003, PMK (0356)321016,(0356)113, e-mail : satpolpp@tubankab.go.id. [Nur/Ali]