Menikmati Terapi Ikan di Sendang Asmoro Tuban

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Akhir pekan merupakan waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh kebanyak orang. Pasalnya, pada saat itu masyarakat bisa bersantai atau berlibur setelah melakukan aktivitas padat selama berhari-hari.

Biasanya, akhir pekan seringkali dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk berkunjung ke destinasi wisata, seperti halnya berkunjung ke Wisata Sendang Asmoro, yang terletak di Desa Ngino, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

Bukan hanya di suguhkan dengan indahnya hantaran sendang yang berwarna hijau saja. Namun, di tempat ini masyarakat diberikan berbagai fasilitas yang lengkap. Termasuk bagi kalian yang ingin berwisata sambil terapi ikan.

Kepala Desa (Kades) Ngino, Wawan Hariyadi mengatakan jika terapi ikan yang ada di Wisata Sendang Asmoro ini, merupakan inovasi baru yang digagas sejak beberapa bulan lalu.

“Ini adalah bagian inovasi dari Wisata Sendang Asmoro, yang diperuntukkan sebagai wahana terapi ikan bagi pengunjung,” ujarnya kepada blokTuban.com, Sabtu (22/7/2023).

Menurut Wawan sapaan akrabnya, ikan terapi yang disediakan untuk pengunjung ini sendiri, merupakan bantuan hibah ikan dari Dinas Perikanan Provinsi Jawa Timur. Di mana, ada dua jenis ikan yang diberikan, yaitu jenis ikan nilem dan bader.

Sementara yang digunakan pengunjung sebagai terapi ikan sendiri ialah ikan nilem atau Osteochilus Vittatus. Di mana, ikan nilem ini suka mengerumuni kaki manusia saat dicelupkan ke dalam kolam ikan.

Biasanya, ikan tersebut sering memakan lapisan kulit ari yang mati pada permukaan kaki, sehingga dapat merelaksasi atau menyegarkan kembali kaki yang telah lelah, sehingga merasa lebih rileks dan tenam kembali.

Selain itu, dengan terapi ikan ini, juga dapat melembutkan kaki, mengurangi gatal, dan noda pada kulit. Di samping itu, bisa meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, membantu peremajaan kulit sehingga tampak bersinar.

“Jenis ikan yang merupakan bantuan dari Dinas Perikanan Provinsi Jawa Timur ada dua jenis, yaitu ikan nilem dan bader,” katanya.

Dengan adanya inovasi baru ini, maka ia berharap agar ke depannya Wisata Sendang Asmoro semakin diminati, dan menjadi pilihan utama masyarakat di Kabupaten Tuban maupun luar kabupaten, untuk berwisata dan juga berkegiatan seperti outbound dan juga camping.

Di wisata ini juga disediakan wahana outbond dan juga tempat bagi pengunjung yang ingin bermalam di tempat tersebut.

Sementara itu, salah satu pengunjung asal Lamongan, Vara mengaku senang berkunjung ke tempat ini, karena jauh dari kota sehingga tempatnya masih sangat asri dan alami.

“Ini keempat kalinya saya datang ke sini, memang tempatnya nyaman dan buat  tenang, jadi pengen datang ke sini terus, apalagi sekarang ada terapi ikannya juga, tadi sudah coba,” timpalnya. [Sav/Ali]