1.500 Warga Baru  SH Terate Tuban Disahkan

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Persaudaraan Setia Hati Terate (SH Terate) Cabang Tuban, Pusat Madiun mengesahkan 1.500 warga baru Tuban, Kamis (20/7/2023) malam. Pengesahan dilakukan di Padepokan Cabang SH Terate Tuban yang terletak di Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. 

Sebelum rangkaian pengesahan yang dilakukan tertutup, pengurus menggelar tasyakuran bersama. Selain dihadiri internal SH Terate seperti Ketua Dewan dan Ketua Cabang SH Terate Tuban beserta jajaran, Perwakilan Pusat Madiun, Ketua Cabang Ponorogo, dan para TK II dari berbagai kota yang menjadi dewan pengesah, tasyakuran juga dihadiri sejumlah pejabat penting.

Beberapa pejabat yang hadir dalam syukuran diantaranya Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, Wakil Bupati Tuban yang juga warga TK II, Riyadi, anggota DPR RI yang juga warga TK II, Didik Mukrianto, Kapolres Tuban, AKBP Suryono, Dandim 0811 Letkol Inf Suhadak Erwin, Kepala Kemenag Tuban yang juga warga SH Terate, Ahmad Munir, dan juga Kepala Bank Jatim yang juga warga SH Terate, Suyatno.

"Bagi saya, hadir di acara SH Terate merupakan suatu kebanggan," jelas Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky.

Dalam sambutannya, Bupati Tuban mempunyai catatan positif bagi warga SH Terate Tuban. Yakni saat ada bencana banjir di Tuban, organisasi pencak silat yang berpusat di Madiun ini ikut turun tangan dengan tulus tanpa diminta.

"(warga SH Terate) saat bencana banjir datang segera turun tangan tanpa diminta," jelas Lindra.

Ketua Cabang SH Terate Tuban, Lamidi, mengucapkan terimakasih atas kehadiran semua tamu dalam acara Tasyakuran Pengesahan Warga Baru SH Terate Tuban. Setiap tahun Cabang Tuban mengesahkan ribuan warga, dan malam hari ini akan mengesahkan lagi sebanyak 1.500 warga baru.

"Atas dukungan semua tamu yang hadir malam ini kami mengucapkan banyak terimakasih," jelas Lamidi.

Kepada calon warga baru, Lamidi berpesan untuk selalu berbuat baik dan menjadi manusia yang berguna. Seperti tujuan dari adanya SH Terate yakni mencetak manusia berbudi luhur tahu benar dan salah.

"Selain itu saya juga berpesan untuk warga baru agar bisa ikut menjaga keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat," katanya.

Ketua Dewan Pusat, Issoebijantoro, dalam sambutan yang dibacakan Ketua Dewan Cabang Tuban, Sumarno, berpesan beberapa hal. Diawali doa agar prosesi pengesahan di Cabang Tuban bisa berjalan dengan lancar, diberikan keselamatan, kekuatan, kesehatan, kelancaran dan keberkahan.

Selain itu, Dewan Pusat SH Terate berpesan sebentar bangsa Indonesia akan melakukan persiapan akan adanya pesta demokrasi pemilihan wakil rakyat sekaligus akan menentukan pucuk pimpinan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

"Dewan Pusat berpesan, agar warga SH Terate dimanapun berada harus bisa membawa diri dalam situasi ini, tetap bersikap arif dan bijak dalam menanggapi situasi dan kondisi, sehingga Warga SH terate ikut serta membantu kelancaran program lemerintah dan menjaga situasi keamanan yang kondusif," jelas sambutan Issoebijantoro.

"Jika warga SH terate dapat bersikap seperti itu, maka kita semua sudah bisa dikatakan Memayu Hayuning Bawono. sesuai dengan ajaran SH, tetap jadilah warga SH Terate yang tanggap, tangguh, cerdas, tangkas, cermat dalam membaca situasi dan kondisi Zaman agar tidak mudah terpengaruh dan terprovokasi dengan hal-hal yang merugikan pribadi maupun organisasi," pungkasnya. [*/Ali]