Pameran 60 Karya Lukis Seniman Lokal Tuban

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Sejumlah seniman di Kabupaten Tuban, yang tergabung sebagai  Komunitas Perupa Taligoci, mengadakan exhibition painting atau pameran lukisan yang bertempat di Gedung Budaya Loka Tuban, tepatnya di Kelurahan Sendangrejo, Kecamatan/Kabupaten Tuban.

Pameran yang bertajuk 'Sayuk' Menggapai Keindahan ini sendiri, diikuti oleh enam seniman perupa yang ada di Kabupaten Tuban. Dari pantauan blokTuban.com di lokasi, kurang lebih ada 60 karya lukis yang dipamerkan di tempat tersebut. 

Panitia sekaligus salah seorang seniman yang turut memamerkan karyanya pada pameran ini, Camilhadi mengatakan jika para seniman yang mengikuti kegiatan tersebut, masing-masing memiliki gaya atau karakter.

baca juga:

TPPI Peduli Seniman Tuban, Bantu Sarpras untuk Pembenahan Sanggar

 

"Komunitas ini memiliki gaya melukis yang berbeda-beda dan karakter masing-masing-masing. Setiap peserta itu ada yang membawa lukisan 8 karya, ada yang 9 dan ada yang 10 juga," katanya kepada blokTuban.com, saat ditemui Kamis (20/7/2023). 

Adapun harga yang ditawarkan untuk masing-masing karya juga sangat beragam, yaitu mulai lukisan yang seharga belasan juta hingga puluhan juta juga terpampang di pameran tersebut. 

Pameran lukis seniman lokal di Gedung Budaya Loka Tuban. (Foto: Savira W Sofyana/ bloktuban)

Dimana, tema Sayuk yang diambil dalam pameran ini sendiri, yaitu untuk memvisualisasikan makna kolaborasi antar seniman. Dimana, interprestasi ataupun karakter yang dibawakan oleh setiap seniman berbeda namun tetap bisa sayup dalam membuat sebuah karya. 

Diselenggarakannya kegiatan ini sendiri, lanjutnya, dilakukan guna menggugah kreatifitas para seniman yang ada di Kabupaten Tuban, sehingga dapat menumbuhkan karya-karya lainnya. 

"Agar para seniman yang ada disini juga bisa kembali berkarya dan eksis terus. Saat ini diikuti oleh 6 pelukis, yaitu Syaiful Amin, Robert Santari, Imaduddin, Camilhadi, Qomaruddin, dan Antons," sambungnya. 

baca juga:

Ikuti Festival Humanoid di Jakarta, Seniman Pantomim Asal Tuban Raih Juara 3

Lebih lanjut, Camil sapaan akrabnya, menambahkan jika pameran yang digelar selama 12 hari ini merupakan kegiatan pertama yang digelar di Kabupaten Tuban oleh pihaknya setelah adanya Pandemi Covid-19 yang melanda beberapa tahun terakhir ini. 

Dengan demikian, pria berkacamata ini berharap dengan terselenggaranya kegiatan ini, maka ke depannya para seniman yang ada di Kabupaten Tuban dapat semakin eksis dalam berkarya dan dapat memajukan Tuban melalui karya-karya yang dibuat. 

Sementara itu, salah seorang pengunjung asal Kelurahan Gedongombo, Anis mengungkapkan jika sangat menyukai karya-karya lukisan yang dipamerkan di tempat tersebut. Menurutnya, dengan adanya pameran ini dapat menjadi media edukasi untuk para pelajar.

"Lukisannya sangat bagus, sangat menginspirasi buat generasi-generasi milenial dan bisa sebagai sarana edukasi untuk anak-anak. Harapannya semoga pameran seperti ini bisa terus diadakan," katanya.

Untuk diketahui, pameran lukisan tersebut digelar sejak (18/7/2023) kemaran hingga (30/7/2023) mendatang, mulai pukul 09.00 Wib hingga 22.00, dengan menghadirkan berbagai karakter lukisan, seperti realise, surealisme, hingga karakter lukisan abstrak.  [Sav/Dwi] 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS