Rebutan Jajan Baritan, Tradisi Tolak Balak di Tuban Sambut Tahun Baru Islam

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Sore ini tampak para masyarakat Dusun Mlaten, Desa Bangunrejo, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban berkumpul di perempatan dusun setempat untuk melakukan tradisi Baritan, Selasa (18/07/2023) pukul 17.00 Wib. 

Baritan ini merupakan tradisi yang masih tetap dijaga dan dipertahankan oleh masyarakat setempat untuk menyambut tahun baru Islam. 

Seperti diketahui besok umat Muslim masuk pada awal tahun baru Islam yang bertepatan dengan tanggal 19 Juli 2023 Masehi yang berarti 1 Muharram 1445 Hijriyah.

baca juga:

Jaga Sumber Mata Air, Masyarakat di Tuban Adakan Tradisi Keduk Sumur

"Tradisi ini sebagai bentuk menyambut pergantian tahun baru Islam," ujar tokoh agama setempat, Karsono kepada blokTuban.com.

Dalam acara ini pertama-tama masyarakat desa akan berkumpul dengan membawa jajanan pasar seperti bubur merah, bubur putih, arang-arang kambang, ketan towo, bucu kendit, sego byar dan sego gurih, untuk kemudian dikumpulkan menjadi satu di lokasi. 

Kemudian usai terkumpul, para tokoh agama setempat akan melakukan doa-doa dengan tujuan semoga bala yang datang dari arah barat, timur, utara, dan selatan balik ke asalnya. 

baca juga:

Tuban, Kota Tanpa Kritik Seni Pertunjukan

"Tujuannya agar balak yang datang dari berbagai arah kembali lagi berbalik arah," imbuhnya. 

Kemudian setelah didoakan disinilah letak keseruan acara ini, dimana puluhan masyarakat akan berebut jajanan yang telah dibawa tadi. 

Dan setelah mendapatkan jajan tersebut, masyarakat kemudian akan pulang kerumahnya masing-masing. [Nur/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS