Keris Spesial Tuban Dipamerkan pada Festival Kampung Salak 2023

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Puluhan keris tangguh Tuban di pamerkan di Balai Desa Rengel, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban dalam rangka Festival Kampung Salak 2023, Sabtu (22/07/2023). 

Keris Tangguh Tuban adalah sebuah keris yang cukup istimewa sebab keris tangguh Tuban adalah keris yang dibuat pada era Tuban (mulai era Singasari hingga Mataram). Hal ini terbilang era yang cukup panjang dibandingkangkan dengan keris tangguh lainnya. 

Selain memiliki era yang panjang, keris tangguh Tuban merupakan sebuah keris yang dibuat di Tuban dengan keterampilan dari seorang empu yang berasal dari Tuban juga.

baca juga:

Keris Empu Cangan Sesepuh Desa Pucangan Tuban Bisa Turunkan Hujan Batu

 

Ada Unsur Siluet hingga Barcode, Lampu Ciptaan Mahasiswa UHW Ini Bisa Bikin Tidur Nyaman

"Gampangnya tangguh Tuban itu keris produk asli lokal Tuban," ujar Teguh salah satu panitia pameran keris ini. 

Selain hal tersebut, yang membedakan keris tangguh Tuban dibandingkan keris tangguh lainnya yaitu, memiliki karakteristik yang berbeda seperti bentuk proporsi bilahnya, cara penempaan, dan pamornya. 

Lebih lanjut Teguh membeberkan untuk keris yang dipamerkan di acara ini merupakan keris dari anggota organisasi Megalamat sebagai pelestari keris atau tosan aji di Tuban. 

"Terdapat sekitar 14 keris tangguh Tuban dari anggota Megalamat yang kita pamerkan saat ini," imbuhnya. 

14 keris ini juga berasal dari berbagai wilayah yang ada di Kabupaten Tuban seperti Senori, Bangilan, Plumpang. 

Teguh berharap dengan adanya pameran ini diharapkan bisa mengedukasi masyarakat sekitar, agar lebih mengetahui, mencintai dan menjaga warisan nenek moyang ini. 

Sebagai informasi tambahan bahwa acara pameran keris ini dilakukan mulai tanggal 19-23 Juli 2023, sedangkan besok merupakan puncak acaranya, dengan adanya jamasan keris secara massal. [Nur/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS