Dua Hari Ke Depan Tinggi Gelombang di Laut Tuban-Lamongan Diprediksi 2,5 Meter

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Tuban mengeluarkan rilis perkiraan tinggi gelombang laut Tuban-Lamongan selama dua hari ke depan. Mulai tanggal 25-26 Juli 2023, tinggi gelombang diprediksi 1,25-2,5 meter. 

Tak hanya di Perairan Tuban-Lamongan, tinggi gelombang 2,5 meter juga berpotensi terjadi di Laut Jawa bagian Selatan Bawean. BMKG memperingatkan risiko terhadap keselamatan pelayaran jenis kapal nelayan, tongkang, mfiber, dan ferry. 

"Harap waspada ketika beraktifitas di laut, terutama keselamatan pelayaran untuk nelayan," tulis BMKG Maritim Perak Surabaya, Senin (24/7/2023). 

BMKG Maritim Perak Surabaya menambahkan, prakiraan cuaca maritim Perairan Tuban-Lamongan pada 25 Juli 2023 cerah berawan. Arah angin bergerak dari Tenggara-Selatan dengan kecepatan 7-18 knots. 

Sebelumnya, BMKG memprediksi 5 hari ke depan mulai 25-29 Juli tinggi gelombang di Perairan Tuban-Lamongan kisaran 0,75-1,75 meter. Namun, gelombang maksimum dapat mencapai dua kali tinggi gelombang tersebut ketika ada awan Cumulonimbus (CB) yang luas dan gelap. [Ali]