Rekomendasi Wisata Ramah Anak di Tuban, Cocok Untuk Isi Waktu Liburan

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Pada momentum libur sekolah, banyak masyarakat yang memanfaatkannya untuk berkunjung ke destinasi wisata. Namun, kebanyakan orangtua bingung memilih wisata yang ramah untuk anak.

Di Kabupaten Tuban sendiri, terdapat beberapa wisata yang terkenal ramah dengan anak, karena memiliki beberapa wahana permainan yang cocok untuk dinaiki oleh anak-anak. Berikut adalah rekomendasinya:

1. Pantai Kelapa Tuban

Wisata alam yang terletak di Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang ini banyak menyuguhkan berbagai wahana permainan yang aman digunakan untuk anak-anak.

Seperti halnya permainan ATV, Berkuda, Flying Fox, Kolam Berenang, atau bahkan yang terbaru ialah wisata edukasi green house salt tunnel, yang dapat memperkenalkan kepada anak, bagaimana proses dalam pembuatan garam.

Ketua kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Kelapa, Muhasan mengatakan jika adanya green house salt tunnel ini sendiri, bertujuan untuk memperkenalkan kepada para pengunjung, terhadap proses pembuatan garam yang lebih aman dan nyaman.

“Sebagai wahana edukasi para pelajar dalam hal proses pembuatan garam, dengan sistem terowongan yang lebih aman dan nyaman, serta lebih steril,” ujarnya kepada blokTuban.com, Kamis (29/6/2023).

Jika kalian tertarik untuk berkunjung ke wisata ini, maka kalian cukup membayar tiket masuk sebesar Rp10 ribu per orang.

2. Taman Hutan Kota Tuban

Taman Hutan Kota Tuban yang letaknya tidak jauh dari pusat kota ini, seringkali digunakan sebagai jujukan para orangtua, untuk mengajak bermain para anak-anaknya.

Pasalnya, didalam tempat yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban ini, terdapat area tempat bermain anak yang menyediakan wahan permainan bagi anak-anak.

Mulai dari mobil-mobilan, ayunan, prosotan, painting, monkey bar dan berbagai play ground lainnya. Selain banyaknya permainan untuk anak-anak, banyaknya pohon yang tumbuh disekitar tempat itu, memperindang suasana sehingga semakin membuat pengunjung betah untuk berlama-lama.

Disamping itu, tiket masuk yang ditarik di wisata ini juga sangat ramag dikantong, yaitu Rp1.500 untuk orang dewasa, sementara untuk anak-anak ditarik karcis masuk sebesar Rp1.000 saja.

“Mumpung lagi liburan bawa ponakan semua kesini bareng sama kakak-kakak. Tempatnya enak buat nyenengin anak kecil terus nggak jauh juga dari rumah,” ungkap salah satu pengunjung asal Kecamatan Palang, Faizzah.

3. Taman Kapur Tuban

Selain Wisata Pantai Kelapa dan Taman Hutan Kota Tuban, tempat lain yang juga ramah dengan anak ialah Taman Kapur, yang letaknya berada di tengah-tengah kota Tuban.

Di Taman Kapur ini sendiri, terdapat banyak hewan rusa yang dapat dilihat oleh para pengunjung. Sehingga, sangat cocok sebagai tempat edukasi memperkenalkan hewan kepada si buah hati.

Bahkan sampai saat ini, kurang lebih terhitung sudah ada 80 ekor rusa yang dipelihara di tempat tersebut.

Selain itu, bagi pengunjung yang ingin masuk di tempat tersebut juga tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Oleh karena itu, tempat ini sangat cocok digunakan sebagai alternatif liburan gratis untuk masyarakat. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS