10 Objek Wisata Tuban yang Dipenuhi Hewan, Ada Kelelawar hingga Lebah

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Adanya hewan di sebuah objek wisata menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Sebab, selain merefresh otak, keberadaan hewan juga dapat mengedukasi anak yang diajak berlibur. 

Anak-anak akan takjub melihat hewan-hewan yang jarang ditemuinya. Misalnya kelelawar, monyet, rusa, maupun kelinci. Sehingga, orang tua yang mendampingi harus bersabar untuk menjelaskan secara sederhana hewan tersebut. 

Di Kabupaten Tuban, Jawa Timur sendiri terdapat beberapa objek wisata yang memiliki hewan lucu hingga bertaring. Lokasinya tak jauh dari Tuban Kota, dan yang paling penting tiket masuknya ramah di kantong. 

Salah satu hal menarik bagi wisatawan yakni bisa memberi makan langsung hewan-hewan tersebut tanpa ada batasannya. Meski demikian, keselamatan diri sendiri harus tetap menjadi prioritas.

Berikut ini 10 objek wisata di Kabupaten Tuban yang terdapat hewan lucu hingga memiliki taring dan cakar:

1. Taman Kapur 

Letak taman ini berada di Jalan Hayam Wuruk, Dondong, Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding Tuban. Bila anda dari Alun-alun Tuban cukup lurus ke selatan ambil Jalan Brawijaya lalu tiba di lampu merah (Prapatan Kapur). Disitulah lokasinya. 

Di dalam Taman Kapur terdapat puluhan Rusa mulai dari indukan jantan, indukan betina hingga anak rusa. Rusa-rusa ini dapat diberi makan kangkung. Di lokasi tersebut sudah banyak penjual kangkung untuk diberikan ke rusa-rusa. 

Taman yang dikelola oleh Pemkab Tuban ini gratis tiket masuknya. Untuk jam operasional mulai pukul 07.00-17.00 Wib. Bagi anak-anak yang ingin berinteraksi dengan rusa cukup aman, karena ada pagar pembatas besi antara pengunjung dan rusa-rusa itu. 

 

2. Pemandian Bektiharjo 

Pemandian ini juga berada di Kecamatan Semanding tepatnya di Desa Bektiharjo. Jika dari Taman Kapur cukup lurus ke arah selatan sampai Ring Road atau Jalur Lingkar Selatan (JLS) masih lurus ke selatan. 

Pemandian ini berada persis di tepi jalan. Hewan khas di pemandian ini adalah monyet. Awalnya monyet-monyet di pemandian ini dikerangkeng, namun ada pula yang di lepasliarkan. 

Peringatan untuk pengunjung agar tidak meninggalkan makanan dalam tas barang-barang pribadi. Sebab, para monyet akan mengambilnya. 

Selain monyet, di kawasan sendang juga terdapat ratusan ikan di mana dapat dilihat saat berenang.

Seperti wisata pada umumnya, jam operasional Pemandingan Bektiharjo mulai pukul 07.00-17.00 Wib dengan tiket masuk Rp10.000/orang dan parkir motor Rp2.000. 

 

3. Gua Ngerong 

Salah satu gua populer di Kabupaten Tuban yakni Gua Ngerong yang terletak di Desa/Kecamatan Rengel. Ada beberapa hewan khas di gua ini, yakni kelelawar, ikam, dan kura-kura. 

Aroma kelelawar langsung terasa kuat setelah pengunjung melewati loket masuk. Kelelawar yang jumlahnya ribuan bergelantungan di bebatuan dinding gua, sehingga cukup menawan untuk dipandang. 

Sedangkan ikannya berada persis di bawah kelelawar. Bagi pengunjung yang beruntung dapat melihat kura-kura dengan ukuran jumbo. 

Untuk masuk ke wisata ini, pengunjung cukup menyiapkan Rp5.000/orang. 

Bagi yang ingin memberi makan ikan dapat membeli di lokasi dengan harga Rp2.000/bungkus. Wisata Gua Ngerong dapat dikunjungi mulai pukul 08.00-17.00 Wib. 

 

4. Taman Rimba

Taman Rimba juga berada di Kecamatan Semanding, Tuban tepatnya di Desa Ngino. Lokasinya mudah dijangkau dengan Google Map. 

Di taman satu ini terdapat taman kelinci dan sangat disukai anak-anak. Selain taman kelinci, taman rimba juga kerap menjadi lokasi camping keluarga atau sekolah. 

Terdapat pula cafe untuk tempat ngopi dan santai merefresh diri. Untuk masuk ke taman ini cukup dengan membayar Rp12.000 (Dewasa) dan Rp7.000 (Anak-anak). 

Tiket tersebut sudah termasuk berenang gratis di Sendang Asmoro. 

 

5. Sendang Asmoro

Masih satu lokasi dengan Taman Rimba yakni di Desa Ngino, Kecamatan Semanding. Sendang Asmoro juga menyediakan wahana bagi pengunjung untuk bermain bersama ikan. 

Ribuan ikan Mas yang ada di sendang siap melahap semua makanan apapun yang diberikan oleh pengunjung. Selain itu, bagi yang suka kakinya dikerubuti ikan di dalam air, Sendang Asmoro cocok menjadi sarana terapi. 

Harga tiket masuk ke Sendang Asmoro sama dengan Taman Rimba karena paketan, yaitu Rp12.000 (Dewasa) dan Rp7.000 (Anak-anak). Bagi yang ingin membeli pakan ikan harganya Rp5.000/botolnya. 

 

6. Pantai Kelapa 

Pantai dengan seribuan pohon kelapa ini cocok dipilih menjadi lokasi berakhir pekan. Letaknya di timur Alun-alun Tuban atau di Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang. 

Harga tiket masuk ke Pantai Kelapa Rp10.000/orang dan untuk anak-anak di bawah 3 tahun masuk gratis. Selain dapat menikmati suasana di bawah pohon kelapa, di wisata ini pengunjung juga dapat naik kuda, flying fox maupun naik Atv. 

Kebersihan Pantai Kelapa terus dijaga sehingga jumlah kunjungan tercatat meningkat di akhir pekan atau libur nasional. Bagi yang hobi menyanyi, di lokasi juga tersedia panggung hiburan. 

 

7. Mangrove Center 

Kawasan Mangrove Center di Kecamatan Jenu, Tuban selama ini terkenal sebagai wahana konservasi mangrove dan tempat olahraga. 

Yang belum banyak diketahui di mangrove center juga terdapat beberapa hewan, seperti burung, kepiting, ikan, dan udang.

Selain itu, juga terdapat ular piton yang di kerangkeng di lokasi penangkaran. 

Waktu terbaik berkunjung di Mangrove Center yaitu di pagi atau sore hari. Sebab, masih dapat melihat burung-burung yang hinggap di ujung tanaman Mangrove. 

 

8. Gua Gembul

Letaknya di Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Tuban. Gua Gembul memiliki hewan khas yaitu monyet seperti di Pemandian Bektiharjo. Konon, monyet-monyet tersebut saling bermigrasi menyesuaikan stok makanan di alam. 

Selain itu, Gua Gembul juga dikenal sebagai tempat lelaku laris saat bulan Suro. Berbeda dengan gua lainnya, kondisi Gua Gembul masih asri dan pengunjung untuk tetap waspada terhadap kendaraan yang dibawanya. 

 

9. Wisata Pelang

Wisata Pelang letaknya di Desa Tahulu, Kecamatan Merakurak, Tuban. Dikenal sebagai tempat terapi ikan, sekaligus incip olahan sagu. 

Wisata Pelang cocok didatangi saat akhir pekan atau libur nasional. 

Cukup membayar tiket masuk Rp3.000 (Anak-anak) dan Rp5.000 (Dewasa), kalian dapat merefresh diri dan mata. 

 

10. Aroem Madu Rimba

Lokasinya berada di Kedungsari Desa Tuwiri Wetan, Kecamatan Merakurak, Tuban. Dikelola oleh Akrib Muji Wibowo (53) sejak tahun 1990. 

Di tempat ini ada 200 kotak lebah dan mampu menghasilkan madu murni 1 kwital dalam sebulan. Wisata lebah ini pengunjung dapat belajar sekaligus mencicipi dan membeli madu murni. 

Selain edukasi, Akrib juga membuka pengobatan gratis bagi pengunjung yang sakit. Bagi yang suka mengkonsumsi madu, di sini menyediakan madu dengan harga kisaran Rp50 ribu sampai Rp120 ribu/botol. [Ali] 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS