Kuliner Lamongan Ini Melegenda Seantero Negeri, Cita Rasanya Tidak Akan Tergantikan

Reporter: -

blokTuban.com - Deretan Kuliner Lamongan ini melegenda. Cita rasanya tidak akan tergantikan oleh makanan dari manapun.

 

1. SOTO

Kalau ada yang menyebut kota soto, sudah pasti pikiran akan tertuju pada kota Lamongan. Soto merupakan deretan kuliner Lamongan yang melegenda.

Konon, soto yang kita jumpai sekarang mempunyai sejarah panjang. Sebelum populer di Indonesia, soto merupakan salah satu kuliner Cina. Hal ini bisa dijumpai dengan pemakaian soun, kecap, dan tauge. Isiannya pun bermacam, yakni daging sapi, jeroan, ayam dan juga babi.

Orang-orang pribumi kemudian mengadopsi resep ini dan menambahkan pemakaian kunyit, jahe, lengkuas, serai, daun salam dan berbagai bahan lokal termasuk ayam kampung.

Di Lamongan, soto Lamongan mulai populer kisaran tahun 1980 an. Dikenalkan oleh orang-orang perantau dari Lamongan yang menjualnya di hampir seluruh wilayah Indonesia. Jadi, tidak salah apabila menyebut Lamongan sebagai kota Soto.

 

2. NASI BORAN

Nasi Boran adalah deretan kuliner Lamongan yang melegenda selanjutnya. Bahkan makanan ini sudah resmi ditetapkan menjadi milik Pemkab Lamongan dan diakui oleh Kemenkumham.

Nasi Boran disebut karena cara penjualnya menggunakan wadah nasi yang disebut boran. Boran adalah wadah yang terbuat dari anyaman bambu, seperti yang dipergunakan orang untuk mengirim makanan ke sawah.

Penjual Nasi Boran bisa ditemukan di pagi ataupun malam hari di jalan-jalan kota Lamongan. Dalam boran tersebut, selain nasi juga bisa temukan aneka lauk pauk, rempeyek, dan juga sayuran.

 

3. PECEL LELE

Makanan ini bisa jadi makanan yang populer di seantero negeri. Namanya adalah Pecel Lele Lamongan. Pecel lele lamongan bisa dijumpai dengan mudah di hampir semua kota di Indonesia. Termasuk di pinggir-pinggir jalan kota ataupun provinsi.

Pecel lele lamongan, merupakan makanan berupa ikan lele yang digoreng, kemudian disajikan dengan sambal tomat dan trasi, dilengkapi dengan lalapan berupa kubis, irisan mentimun dan daun kemangi.

Meski namanya pecel lele lamongan, tetapi penjual biasanya juga menyediakan menu tambahan seperti ayam goreng, bebek, dan juga burung dara. [*/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS