Operasikan Studio Podcast Jadi Strategi Tingkatkan Kunjungan Perpusda Tuban

Reporter : Savira  Wahda Sofyana

blokTuban.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kabupaten Tuban, resmi melaunching studio podcast di Gedung Perpustakaan Daerah (Perpusda) Tuban, yang terletak di Jalan Sunan Kalijogo, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban.

Pembuatan studio podcast tersebut, sudah diwacanakan jauh-jauh hari, oleh Perpusda Tuban. Hal tersebut, sebagai langkah untuk mengenalkan keberadaan perpustakaan, kepada masyarakat yang mendengarkan podcast tersebut.

Saat dikonfirmasi blokTuban.com, Kepala Disperpusip Kabupaten Tuban, Nur Khamid membenarkan kabar peresmian studio podcast di Gedung Perpusda tersebut.

“Iya benar mbak, podcast Perpusda sudah mulai beropersi,” ujarnya, Sabtu (20/5/2023).

Menurutnya, hadirnya studio podcast di Perpuda tersebut, dapat digunakan sebagai wadah atau tempat bagi anak-anak muda, untuk berinterksi dan juga berliterasi bersama.

Pasalnya, pria yang akrab disapa Khamid ini mengaku bahwa studio podcast ini, nantinya akan dikelola oleh anak-anak muda di Kabupaten Tuban, yang duduk dibangku sekolah MA,SMA maupun SMK.

“Sebagai tempat anak muda berinteraksi, berliterasi, dan belajar mengorganisir kegiatan. Semuanya ngomongin tentang mereka, karena podcast ini nantinya yang mengelola adalah mereka, anak-anak SMA, SMK, dan MA yang ada di Tuban,” jelasnya.

Adapun materi yang disampaikan di podcast itu sendiri, meliputi tentang literasi serta ilmu pengetahuan, seperti sejarah, pendidikan maupun budaya-budaya yang ada di Kabupaten Tuban. Dimana, nantinya obrolan podcast tersebut akan ditayangkan di chanel youtube milik Disperpusip Tuban.

Lebih lanjut, Mantan Kepala Dinas Pendidikan ini menambahkan, dengan adanya studio podcast yang baru anak-anak muda di Kabupaten Tuban dapat merasa nyaman berada di Perpusda Kabupaten Tuban.

Dengan begitu, maka minat baca atau minat kunjungan masyarakat akan lebih meningkat, jika dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya.

“Benefit untuk Perpusda adalah anak-anak muda Kabupaten Tuban merasa nyaman di perpustakaan, dan juga senang berkunjung ke perpustakaan,” imbuhnya. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS