Hari ke-13 Pengajuan Bacaleg, Empat Parpol Ini Datangi KPU Tuban

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Pada hari ke-13 jadwal pengajuan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg), sebanyak empat Partai Politik (Parpol) di Kabupaten Tuban, mendatangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), yang berada di Jalan Pramuka, Kabupaten Tuban.

Ketua KPU Kabupaten Tuban, Fatkul Iksan mengatakan jika satu hari jelang ditutupnya pengajuan Bacaleg, untuk maju di Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 mendatang, sebanyak empat Parpol telah mengajukan nama Bacalegnya masing-masing di KPU Tuban.

“Hari ini yg mengajukan bakal calon anggota DPRD nya ke KPU Tuban ada empat," ujarnya kepada blokTuban.com saat dikonfirmasi, Sabtu (13/5/2023). 

Adapun empat Parpol tersebut, diantaranya ialah Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), serta Partai Bulan Bintang (PBB). 

Dimana, dari empat Parpol yang mendaftar tersebut, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dari Partai Gerindra, PKB, dan PBB masing-masing membawa 50 nama Bacaleg. Sementara untuk Partai Hanura, mengusung 28 Bacaleg untuk maju pada Pemilu Tahun 2024 mendatang. 

"Dari Partai Hanura ada 28 Bacaleg, Gerindra 50 Bacaleg, PBB 50 Bacaleg, dan untuk PKB juga mengajukan 50 Bacaleg," terangnya. 

Dengan adanya empat Parpol yang mengajukan Bacaleg hari ini, lanjutnya, maka hingga hari ke-13 pengajuan tersebut sudah ada kurang lebih sembilan Parpol yang telah mengajukan Bacalegnya masing-masing. 

Selain itu, pria yang akrab disapa Fatkul ini menambahkan, pada hari terakhir jadwal pengajuan Bacaleg besok, kurang lebih sudah ada enam Parpol yang telah mengkonfirmasi untuk datang ke Kantor KPU Tuban.

"Besok yang sudah konfirmasi ada Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Demokrat, Partai Buruh, dan Partai UMAT," lanjutnya. 

Lebih lanjut, Fatkul juga menghimbau kepada seluruh Parpol di Kabupaten Tuban yang belum mengajukan nama Bacalegnya, untuk segara mengajukan masing-masing Bacalegnya ke KPU Tuban, mengingat batas akhir pengajuan adalah besok malam. 

"Kita berharap besok Minggu, 14 Mei 2023 di hari terakhir pengajuan Bakal Calon Anggota DPRD Tuban, sembilan Parpol yang masih tersisa bisa segera mengajukan bacalegnya, kita tunggu mulai jam 8.00 sampai 23.59 wib," imbuhnya. [Sav/Dwi] 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS