Lafal Bacaan Doa untuk Guru pada Peringatan Hardiknas 2023

Oleh: Dwi Rahayu 

blokTuban.com – Mengapresiasi jasa seorang guru yang telah mencurahkan waktu, pikiran dan tenaga untuk mengajarkan ilmu kepada murid-muridnya salah satunya dengan mendoakan kebaikan di Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

Bertepatan hari ini Selasa 2 Mei 2023 adalah peringatan Hardiknas. Berikut beberapa lafal doa yang dapat dibacakan oleh murid kepada gurunya. 

baca juga: Kumpulan Quote Ki Hajar Dewantara Spesial Hardiknas, Ketahui Makna Tut Wuri Handayani

Seperti dikutip dari NU Online, Syekh Abdul Fattah Abu Guddah menuliskan doa ampunan bagi guru-guru kita dalam catatan kaki kitab Risâlah al-Mustarsyidin, yang berbunyi berikut:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِمَشَايِخِنَا وَلِمَنْ عَلَّمَنَا وَارْحَمْهُمْ، وَأَكْرِمْهُمْ بِرِضْوَانِكَ الْعَظِيْمِ، فِي مَقْعَد الصِّدْقِ عِنْدَكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahummaghfir li masyayikhina wa liman ‘allamana warhamhum wa akrimhum bi ridlwanikal ‘adzim fi maq’adis shidqi ‘indaka ya arhamar rohimin

Artinya: "Ya Allah, ampunilah guru-guru kami dan orang yang telah mengajar kami.

Sayangilah mereka, muliakanlah mereka dengan keridhaan-Mu yang agung, di tempat yang disenangi di sisi-Mu, wahai Yang Maha Penyayang di antara penyayang," (Imam al-Haris al-Muhasibi, Risâlah al-Mustarsyidin, Dar el-Salam, halaman 141)

Selain doa diatas, terdapat bacaan lainnya yaitu:

اَللَّهُمَّ اسْتُرْ عَيْبَ مُعَلِّمِي عَنِّي وَلَا تُذْهِبْ بَرَكَةَ عِلْمِهِ مِنِّي

Allâhumma-stur ‘aiba mu‘allimî ‘annî walâ tadzhab barakata ‘ilmihi minnî

Artinya: “Ya Allah, tutupilah aib guruku dariku, dan jangan Engkau hilangkan berkah ilmunya dariku.”

Demikian doa-doa yang dapat dipanjatkan untuk mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh guru-guru kita selama ini. Semoga kita semua menjadi murid yang tidak pernah lupa akan jasa guru hingga akhir hayat. 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS