Peringati Hari Tari Sedunia, Sanggar Seni Mega Pertiwi Gelar Flashmob Tari Remo di Tuban

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Dalam rangka memperingati Hari Tari Sedunia, Sanggar Seni Mega Pertiwi BKN DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tuban, menggelar Flashmob Tari Remo yang bertempat di pelataran barat Gelanggang Olahraga (GOR) Rangga Jaya Anoraga Tuban.

Wakil Ketua Bidang Kebudayaan DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tuban, Ita Hariyanti mengatakan jika kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh pihaknya setiap tahunnya, dalam rangka memperingati Hari Tari Sedunia yang jatuh pada hari ini, Sabtu (29/4/2022). 

"Selain Tari Remo khas Jawa Timur, kami juga menampilkan tari lokal Kabupaten Tuban yaitu Tari Miyang dan Tari Kencur Kuning," paparnya saat ditemui di tempat acara. 

Menurut Ita, sapaan akrabnya, selain anggota dari Sanggar Seni Mega Pertiwi BKN DPC PDI Perjuangan, kegiatan ini juga diikuti masyarakat umum yang sedang berkunjung ke GOR Jaya Anoraga tersebut. 

Selain memperingati Hari Tari Sedunia, lanjutnya kegiatan yang dimulai sejak pukul 15.30 Wib ini dilakukan sebagai bentuk uri-uri budaya untuk melestarikan budaya dan tradisi, terutama dalam bidang seni tari. 

"Ini event tahunan, jadi kita selalu mengadakan setiap tahunnya dalam rangka uri-uri budaya melestarikan budaya kita," katanya. 

Lebih lanjut, dalam kegiatan yang turut disaksikan oleh warga Tuban tersebut, juga diisi dengan Forum Grup Discussion (FGD) yang bertemakan Tadi Adalah Ekspresi Jiwa dengan pemateri Punjul Pitono yang merupakan Dosen Seni Tari dari Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta (STKW) Surabaya. 

"Anggota dari Sanggar Mega Pertiwi dari Kabupaten Tuban, terutama dari kalangan anak-anak SMA dan juga Mahasiswa," pungkasnya.

Dengan demikian, maka Iya berharap untuk ke depannya budaya dan tradisi di Kabupaten Tuban, khususnya bidang tari dapat terus lestari dan berkembang.[Sav/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS