Gempa Berkekuatan 6,6 Magnitudo Guncang Perairan Tuban Terasa Sampai Lombok

Reporter: Savira Wahda  Sofyana

blokTuban.com  - Gempa dengan kekuatan Magnitudo (M) 6,6 Skala Ricter (SR) mengguncang perairan laut Kabupaten Tuban, dengan kedalaman 623 Km.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban, Zem Irianto Padma mengatakan gempa tersebut terjadi  ada  pukul 16.55 Wib, dengan pusat gempa yang berada di 68 Km Barat Laut Tuban.

“Telah terjadi gempa bumi dengan  kekuatan 6.6 SR,   dengan  kedalaman 632 Km,” terangnya kepada blokTuban.com, saat dikonfirmasi Jumat (14/4/2023).

Adapun getaran gempa sendiri, lanjutnya, tidak hanya dirasakan oleh masyarakat di wilayah Kabupaten Tuban saja. Akan tetapi getaran gempa juga dirasakan di Kuta V MMI, Karangkates, Trenggalek, Gianyar, Tulungagung, Nganjuk dan Pacitan.

Selain itu, wilayah Kediri, Garut, Mataram IV MMI, Malang, Surabaya III-IV, Lombok Barat, Lombok Timur, Lombok Tengah, Lombok Utara, Sumbawa, Dompu, Bima, Denpasar, Madiun, Pelabuhan Ratu, Bayah, Malingping, Labuah, Tabanan II MMI, Ponorogo Magetan, Wilayah Bantul, Yogya, Gunung Kidul, Purwokerto, Lembang, Wonosobo, Klaten, Solo dan Purbalingga hingga magelang juga turut merasakan getaran gempa tersebut.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalam hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dalam akibat adanya aktivitas deformasi slab pull, pada lempeng Indo-Australia, yang tersubduksi hingga di bawah Laut Jawa. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi, memiliki mekanisme pergerakan turun,” jelasnya.

Kendati gempa bumi tersebut turut dirasakan oleh beberapa wilayah, lanjutnya, namun tidak berpotensi tsunami. Oleh karena itu, masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh terhadap issue yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

“Gempa susulannya sekitar pukul 17.37 Wib, lokasinya agak bergeser,” katanya. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS