KADIN Tuban Gelar Bazar UMKM, Dimeriahkan Dengan Festival Banjari dan Santunan Yatim Piatu

Reporter: M Nurkholis

blokTuban.com - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Tuban menggelar bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di area Ruko Merak, Jalan Prof DR KH Fatkhurrahman Kafrawi, Bogorejo, Tuban.

Bazar yang melibatkan puluhan UMKM ini sedianya dilakukan selama 3 hari, Selasa-Kamis, tanggal 11- 13 April 2023. Diikuti 35 UMKM yang menggelar produk khas Tuban dan jajanan khas Ramadan.

Supaya bazar UMKM meriah, pengurus Kadin Tuban juga menggelar Festival Al-Banjari (Fesban) dan santuan anak yatim piatu. Memanfaatkan momen Ramadan yang penuh rahmat.

Hadir dalam pembukaan bazar UMKM dan Fesban,  Wakil Ketua Umum Kadin Jawa Timur Bidang Organisasi, Dady Suhajadi. Selain itu hadir juga beberapa undangan lain seperti Ketua DPRD Tuban, Miyadi, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Tuban, Sugeng Purnomo, serta Ketua Baznas Tuban, Agus Suryanto, anggota DPRD Tuban M Musa, dan Kepala Cabang Bank UMKM Jawa Timur, Jaka.

Ketua Kadin Tuban, Mukaffi Makki, mengatakan Kadin Tuban baru saja di lantik pada tanggal 20 Maret 2023 kemarin. Pengurus baru masih perlu mengadakan  sosialisasi yang lebih intensif lagi, agar masyarakat lebih mengetahui apa itu Kadin. 

“Di usia yang masih sangat dini ini kita masih perlu sosialisasi yang lebih intensif lagi,” ujar Gus Kaffi, sapaan akrabnya.

Alumni Pondok Pesantren (Ponpes) Bahrul Ulum Jombang ini menambahkan, Kadin merupakan mitra strategis pemerintah. Organisasi ini bukan organisasi abal-abal karena dilindungi oleh undang-undang Nomor 1 Tahun 1987.

Kaffi berharap agar para UMKM bisa memanfaatkan Kadin sebagai wadah koordinasi dan konsultasi dengan pemerintah. 

“UMKM silakan koordinasi ke kantor Kadin, guna konsultasi terkait peningkatan usaha,” imbuhnya.

Wakil Ketua Umum Kadin Jawa Timur Bidang Organisasi, Dady Suhajadi mengajak undangan untuk mengenang cerita masa lampau kota Tuban. Dia sebutkan, Kabupaten Tuban merupakan salah satu wilayah perdagangan penting sejak era zaman Majapahit.

“Tuban ini dulu sebagai pusat perdagangan zaman dulu, bahkan (sejak) saat masa Majapahit,” ujar Dady.

Dady sangat mengapresiasi perkembangan ekonomi yang ada di  Kabupaten Tuban, terutama di pantai di utara Tuban dengan kegiatan ekonomi yang besar.

“Kami berharap agar Kabupaten Tuban menjadi lokomotif gerakan UMKM dan mengajak dan mendorong pengurus agar mendorong apa yang menjadi ciri khas Kabupaten Tuban agar bisa bersaing di pasar luar Tuban,” paparnya.

BANJIR APRESIASI

Ketua DPRD Tuban Miyadi juga mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Kadin Tuban. Event yang dilakukan Kadin ini bisa menjembatani peran pemerintah dan Kadin. Sehingga bisa memberikan pembinaan cepat kepada UMKM yang ada di Kabupaten Tuban. 

“Selain itu perlu gerakan yang nyata yang dilakukan Kadin, bisa menjadi dambaan masyarakat dan menyejahterakan masyarakat,” ujar Miyadi. 

Untuk itu ia juga mendorong program-program yang strategis dan inovatif dari Kadin, agar Kabupaten Tuban lebih baik dan sejahtera. 

“Untuk UMKM berlindunglah kepada Kadin, jika ada apa-apa konsultasilah ke Kadin,” imbuhnya.

Para pelaku UMKM juga memberikan apresiasi dan dukungan kegiatan Kadin. Darsilah (60), warga Desa/Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, mengatakan bazar ini membuka kesempatan produk batiknya disa dikenal lebih luas oleh masyarakat.

“Dengan kegiatan ini produk saya bisa semakin di kenal masyarakat,” ujar Darsilah.

Senada dengan Darsilah, Yuli Melinda (53), warga Perumahan Siwalan Permai, Desa Kembangbilo Kecamatan/Kabupaten Tuban, menyebut produk miliknya berupa produk kacang bawang Fairus FAF miliknya juga semakin dikenal masyarakat. Terlebih saat menjelang hari raya.

"Senang dengan adanya kegiatan bazar ini produk bisa di kenal masyarakat yang berkunjung, apalagi hendak hari raya biasanya banyak orang mencari cqmilan,” ujarnya. 

Para pelaku UMKM berharap Kadin bisa menjadi wadah untuk meningkatkan penjualan produk UMKM yang ada di Tuban. Termasuk memperkenalkan produk-produk yang menjadi andalan warga Tuban.[Nur/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS