Tingkatkan Literasi Masyarakat, Pemuda di Tuban Berinisiatif Bikin Taman Baca

Reporter : Muhammad Nurkholis

 

blokTuban.com – Untuk meningkatkan literasi anak-anak, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Wisata Pelang yang berada di Dusun Pelang, Desa Tahulu, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, membuka sebuah Taman Baca Masyarakat (TBM), Sabtu (1/04/2023).

Dalam opening TBM ini, turut dimeriahkan oleh beberapa hiburan seperti penampilan pantomim dari komunitas Warna Tuban, penampilan wayang kancil dari dalang Pri Rembang, dan musik akustik.

Menurut ketua TBM Abdul Latif Sadri (28) TBM ini sebenarnya sudah di inisiatif sejak tahun 2020 silam, dengan tujuan meningkatkan literasi.

“Untuk meningkatkan literasi anak-anak sekitar, dulu di tahun 2020 kita telah lakukan beberapa kegiatan seperti menggambar, membaca puisi dan bermain tradisional,” ujar  ketua TBM Abdul Latif Sadri (28)  kepada blokTuban.com, Sabtu (1/04/2023).

Namun karena saat itu ada beberapa kendala, akhirnya kegiatan sempat vakum. Usai vakum selama 2 tahun, di awal Tahun 2022, akhirnya niatan untuk meningkatkan literasi anak kembali muncul.

Pria yang akrab disapa Latif ini, kemudian di awal Tahun 2022 membulatkan tekat untuk membangun sebuah TBM, dan hanya dalam waktu 2 minggu bangunan pun jadi.

Namun membuat sebuah TBM tak sekedar membuat bangunan saja, sebuah TBM harus memiliki beberapa buku bacaan.

Untuk mendapatkan buku bacaan, selama 11 bulan Latif melakukan donasi buku, dan hasilnya saat ini terdapat 131 buku bacaan di TBM ini.

“Saat ini terdapat 131 buku di TBM, dengan berbagai koleksi seperti bacaan anak, komik, novel, bahkan buku sejarah juga ada,” imbuhnya.

Dan setelah dirasa layak untuk dibuka, akhirnya pada hari ini, TBM resmi dibuka dengan nama TBM Nandur Becik, pengambilan nama ini diniatkan agar bisa menanamkan sebuah kebaikan kepada anak-anak.

Latif berharap dengan adanya TBM ini dapat menimbulkan minat baca bagi warga sekitar yang ada di Dusun Pelang ini.

“Semoga dengan adanya TBM ini masyarakat Dusun Pelang semakin gemar membaca,” paparnya.

Selain itu, kedepannya untuk merangsang minat baca dari anak-anak Latif yang di bantu dengan teman-temannya akan melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan yang berkaitan dengan literasi.[Nur/Dwi] 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS