Minta Pengelolaan ZIS Lebih ke Arah Pemberdayaan Masyarakat Tuban

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Dalam penganugerahan BAZNAS Award 2023, Selasa (21/03/2023) di Grand Hotel Sahid Jakarta Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) memborong penghargaan. 

Penyerahan penghargaan disaksikan langsung Wakil Presiden RI, KH. Ma'ruf Amin dan Ketua Baznas RI, Prof. Dr. Noor Achmad. Mohammad Mahdum menyerahkan penghargaan kategori Bupati Pendukung Utama Pengelolaan Zakat kepada Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky pada 

Sedangkan, Baznas Kabupaten Tuban memborong 3 penghargaan lain yaitu Kategori Baznas Kabupaten/kota dengan Pelaporan Terbaik, Kategori Baznas Kabupaten/Kota Implementasi SiMBA Terbaik, dan Kategori Baznas Kabupaten/Kota Terbaik Pencetak Muzzaki dari Mustahik. Hadir pula pada kesempatan ini, jajaran pimpinan Baznas Kabupaten Tuban.

Lindra mengungkapkan penghargaan tersebut hasil kerja sama dan kolaborasi antara Pemkab Tuban, Baznas Tuban, dan seluruh elemen masyarakat. Menurutnya, Baznas Tuban memberi dukungan terhadap pelaksanaan program pembangunan. Karenanya, program kerja Baznas Tuban hendaknya disinkronkan dengan Pemkab Tuban. Salah satunya pengentasan kemiskinan dan pengembangan sumber daya manusia.

Baca Juga:

Baznas Luncurkan Balai Ternak di Kabupaten Tuban, Begini Strateginya

Baznas Tuban diharapkan kian meningkatkan pengelolaan dana Zakat Infaq Shodaqoh (ZIS) yang diarahkan pada program pemberdayaan masyarakat. Program pengembangan tersebut mampu menyasar sektor ekonomi, pendidikan hingga kesehatan. Sehingga mampu menciptakan multiplier effect dan mencetak masyarakat mandiri.

“Dari yang awalnya sebagai penerima zakat dapat berubah menjadi pemberi zakat,” tuturnya.

Ketua Baznas Tuban, Ir. Agus Suryanto menyampaikan terima kasih atas dukungan Bupati Lindra dan Pemkab Tuban terhadap optimalisasi kinerja Baznas Tuban dalam pengelolaan ZIS di Kabupaten Tuban. Baznas Tuban berkomitmen mengelola dana ZIS untuk terlibat dalam upaya pengentasan kemiskinan masyarakat.

“Komitmen tersebut diwujudkan dalam berbagai program pemberdayaan masyarakat yang tertuang dalam program Tuban Berdaya,” ujarnya.

Program Tuban Berdaya dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dari penerima bantuan tersebut. Pada Tuban Berdaya kategori skala kecil, selain gerobak sol sepatu, diwujudkan dalam bentuk gerobak nasi pecel, rujak buah keliling, dan gerobak sayur keliling. Sedangkan pada Tuban Berdaya kategori skala besar diwujudkan berupa produk mie ayam Z-Mie. 

"Pada program ini telah ditentukan alur produksi, titik agen distribusi, anggota Z-Mie dan standar mutu kualitas produk," pungkasnya. [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS